; charset=UTF-8" /> Xinyi Group Akan Bangun Pabrik Kaca Terbesar di Rempang, Investasi Rp 172 Triliun - | ';

| | 168 kali dibaca

Xinyi Group Akan Bangun Pabrik Kaca Terbesar di Rempang, Investasi Rp 172 Triliun

PT Makmur Elok Graha (MEG) Indonesia dengan Xinyi Grup Akan Membangun Pabrik Kaca Terbesar disaksikan Presiden Jokowi di China

Batam, Radar Kepri-Perusahaan kaca dan solar panel terkemuka, Xinyi Group, berkomitmen untuk membangun pabrik di Kawasan Industri Rempang, Batam, dengan investasi besar. Komitmen itu diujudkan dengan penandatangan kerjasama antara PT Makmur Elok Graha (MEG) Indonesia dengan Xinyi Grup disaksikan Presiden Jokowi di China.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia sebagai hasil kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Chengdu, China.

Bahlil mengungkapkan bahwa investasi dari perusahaan ini mencapai US$ 11,5 miliar atau setara dengan Rp 172,5 triliun (dengan kurs Rp 15.000). Ini merupakan pabrik terbesar nomor dua di dunia setelah China dan pabrik terbesar nomor satu di luar China.

Pabrik yang akan dibangun di Batam ini merupakan bagian dari upaya hilirisasi dari sektor pasir kuarsa dan bahan baku lainnya di Indonesia.

Bahlil juga menyebut bahwa pabrik ini nantinya akan memproduksi solar panel yang sebagian besar akan diekspor ke luar negeri.

“Ini adalah pabrik terbesar kedua di dunia setelah China dan pabrik nomor satu di luar China. Produknya akan diekspor hingga 95% karena pasar utamanya adalah pasar internasional,” jelas Bahlil melalui siaran YouTube Sekretariat Presiden.

Investasi Xinyi Group ini juga diyakini akan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja di Indonesia. Diperkirakan akan tercipta 35.000 lapangan pekerjaan dari proyek ini, serta akan berkolaborasi dengan pengusaha-pengusaha nasional.

Bahlil menyampaikan apresiasi atas kepercayaan penuh yang diberikan oleh Xinyi Group kepada pemerintahan Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Xinyi Group telah berinvestasi sebesar US$ 700 juta di kawasan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Gresik, dan kini mereka melanjutkan komitmen mereka untuk berkembang lebih lanjut di Indonesia.

Proyek pabrik kaca dan solar panel ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan industri hilirisasi dan mengoptimalkan potensi sumber daya alam yang dimiliki Indonesia.

Selain itu, ini juga akan menjadi langkah maju dalam mengurangi ketergantungan pada impor dan meningkatkan ekspor produk-produk berkualitas dari Indonesia ke pasar internasional.

Sebagaimana diketahui, Perusahaan kaca dan solar panel terkemuka, Xinyi Group, berkomitmen untuk membangun pabrik di Kawasan Industri Rempang, Batam, dengan investasi besar. Komitmen itu diujudkan dengan penandatangan kerjasama antara PT Makmur Elok Graha (MEG) Indonesia dengan Xinyi Grup disaksikan Presiden Jokowi di China menjadi kebangaan kita sebagai putra daerah kepri,” Ungkap Adjisupit Mantan Aktivis FORKOT kepada awak media.

“Ini kita sambut baik, karena akan mempekerjakan anak daerah kepri kedepannya. Selain itu pendapatan daerah juga bertambah untuk masa depan anak cucu bangsa.” Ujarnya.

Lanjut adji, kita harus bangga tingal di daerah perbatasan saat ini. Pasalnya Investor mulai berinvestasi dari perusahaan ini mencapai US$ 11,5 miliar atau setara dengan Rp 172,5 triliun (dengan kurs Rp 15.000). Ini merupakan pabrik terbesar nomor dua di dunia setelah China dan pabrik terbesar nomor satu di luar China. ( *** )

Ditulis Oleh Pada Sab 12 Agu 2023. Kategory Batam, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek