'
| | 725 kali dibaca

Pengawasan dan Penindakan Lemah, Harga BBM Melambung Tinggi di Lingga

Hasby. warga Daikilingga.

Hasby. warga Daikilingga.

Lingga, Kepri Info-Pengawasan Harga Enceran Tertinggi (HET) Bahan Bakar Minyak (BBM) baik jenis premium, solar maupun minyak tanah nyaris tak ada di Kabupaten Lingga. Pihak terkait terkesan tutup mata, baik dinas terkait maupun aparat penegak hukum, dalam hal ini kepolisian Resort Lingga.
Sebab, fakta dilapangan menunjukkan harga pasaran minyak melebihi aturan harga pasaran di tingkat pengencer tertinggi yang beredar. Selain harga membubung tinggi, takaran minyak kerap menjadi permainan pengencer minyak. Ditambah dengan tak jelasnya pengawasan dan tindakan hukum terkait penetapan harga jual di kabupaten Lingga membuat harga BBM makin “menggila” di Lingga.
Pantauan dilapangan media ini dilapangan, harga premuim di Daiklingga pasca penetapan pemerintah harga Premium Subsidi perliterRp 8 500, kios-kios eceran juga langsung menaikan. Dengan takaran botol mineral 1,5 liter seharga Rp 16.000 sehingga kalau di hitung harga tersebut lebih Rp 10, 000 perliternya.
Hasby (23) seorang warga Daiklingga, menjelaskan kepada media ini. Selama ini pengencer BBM di Lingga terkesan seenaknya mematok harga. Bukan hanya itu, takaran yang tidak sesuai dengan harga perliter yang ditetapkan pemerintah juga kerap ditemukan hampir di semua kios premium di Lingga.”Kita tidak masalah soal harga,Tapi takarannya sesuai dengan harga yang di tetapkan, bukan bicara besar kecilnya, tapi ini menyangkut pelanggaran terkait penyaluran harga BBM subsidi yang di nikmati konsumen.”terangnya.

Pihaknya berharap dinas terkait bertindak dan mengawasi ulah pengecer BBM “nakal” ini. Kemudian, polisi juga diharapkan berperan aktif menindak pelaku kecurangan ini. Karena pelaku usaha yang curang dan merugikan pembeli (konsumen) bisa dijerat dengan UU nomor 8 tentang tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.(amin)

Ditulis Oleh Pada Rab 26 Nov 2014. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek