| | 135 kali dibaca

Stok Beras Dan Gula, 6 Bulan Kedepan Aman

Jaka santoso, Kadivre Bulog Tanjungpinang.

Tanjungpinang, Radar Kepri-Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Tanjungpinang menjamin ketersedian beras dan gula di wilayah Kota Tanjungpinang, Bintan, Lingga, Natuna dan Anambas untuk enam bulan kedepan masih aman. Hal tersebut dikatakan Kepala Bulog Divisi Regional Tanjungpinang Jaka Santosa, Rabu (09/08/2017) saat ditemui di kantornya.

Jaka Santosa mengatakan untuk saat ini saja stok beras di gudang Bulog Tanjungpinang sekitar 3 ribu ton, sedangkan gula 300 ton. Jumlah tersebut, terutama beras, merupakan stok yang akan Bulog distribusikan kelima daerah tersebut.

“Untuk bulan ini kita sudah mengalokasikan ke pusat persedian beras dan gula masing-masing 500 ton, total keseluruhan 1.000 ton. Untuk enam bulan kedepan saya jamin stok persediaan aman,” ujar Jaka Santosa.

Lebih lanjut Jaka Santosa menjelaskan untuk beras premium Bulog melepas di pasar umum dengan harga Rp. 9.500/kg, gula Rp. 12.500/kg, sedangkan beras subsidi yang biasa disebut dengan Raskin seharga Rp. 1.600/kg. Sedangkan minyak goreng, Jaka Santosa mengatakan pihaknya melihat situasi di lapangan.

Mengenai distribusi raskrin untuk wilayah Kota Tanjungpinang, Bintan, Lingga, Natuna dan Anambas sebanyak 313 ton perbulan dengan jumlah Keluarga Penerima Mampaat (KPM) sebanyak 20.931 orang. Jumlah KPM tersebut berdasarkan data dari Kementrian Sosial RI, dengan perincian sebagai berikut:

Kota Tanjungpinang jumlah KPM 8.450 orang, total raskin 126.750 kg. Kabupaten Bintan jumlah KPM 4059 orang,  total raskin 68.925 kg. Kabupaten Lingga jumlah KPM 4.502 orang, total raskin 79.260 kg. Kabupaten Natuna jumlah KPM 1.590 orang, total raskin 23.850 kg. Kabupaten Anambas jumlah KPM 1.012 orang, total raskin 15.180 kg. Masing-masing KPM mendapat jatah raskin 15 kg.

Jaka Santosa mengatakan khusus untuk Kabupaten Natuna dan Anambas, ada penambahan 33 ton raskin otonomi daerah. “Raskin itu merupakan subsidi dari APBD daerah mereka sendiri, siapa penerimanya dan berapa jumlah raskin berdasarkan data yang mereka miliki,” ujar Jaka Santosa.

Adapun kendala Bulog melakukan distribusi terutama di daerah Kepulauan, seperti Kabupaten Lingga, Anambas dan Natuna. “Terutama bila cuaca buruk, kendalanya hanya itu. Kalau soal stok dan ketersediaan saya jamin tidak ada kendala, semua sudah tersedia di gudang,” ujar Jaka Santosa mengakhiri. (Wok)

Ditulis Oleh Pada Rab 09 Agu 2017. Kategory Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda