| | 283 kali dibaca

Waduh…Ribuan Bubu Bantuan KKP RI Untuk Nelayan Natuna Tak Berguna

Inilah alat tangkap ikan berupa Bubu bantaun KKP RI yang tidak berguna di laut Natuna.

Natuna, Radar Kepri-Luar biasa, sekitar seribuan lebih alat tangkap jenis Bubu, bantuan Kementeri Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI) Susi Puji Astuti, untuk kelompok Nelayan di Pian Pering, Kelurahan Bandarsyah Ranai Kabupaten Natuna Provinsi Kepri, masih tertumpuk tidak bisa dimanfaatkan oleh nelayan, mubazir ?

Pasalnya, alat tangkap Bubu pemberian pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) itu tidak dapat digunakan diareal laut Natuna.

Menurut nelayan Pian piring, Bubu jenis itu cocoknya dilaut yang berlumpur seperti di laut daerah jawa. Selain itu kata Sopian, ikan ikan tidak mau masuk, tali jaring Bubu terlalu halus dan rapuh.”Pernah kami mencoba, memang ikan tidak mau masuk, dan Bubu itu pun ketika kami angkat sudah pada bolong. disebabkan itulah kawan kawan nelayan tidak mau mengambilnya sehingga sampai saat ini Bubu yang dijatahkan 20 Bubu untuk satu orang nelayan itu masih numpuk tidak ada yang ngambil “Jelas Sopian.

Pantauan media ini dari sejak 24 April 2018 hingga kini Minggu, (06/05) ribuan Bubu itu memang masih nampak numpuk, belum diambil oleh nelayan setempat. Yang sangat memprihatinkan kondisi Bubu itupun sudah mulai rapuh, dan nampak sudah ada yang putus putus.
Ditambah lagi tumpukan ribuan Bubu itu berada ditempat terbuka tanpa perlindungan dari terik mata hari maupun hujan.

Pihak nelayan Pian piring berharap pada pemerintah. Kementerian, Gubernur maupun Bupati.”Kalau memang serius dalam membantu nelayan, kami harapkan adalah koordinasi atau menanyakan jenis alat tangkap apa yang sesuai di laut Natuna yang biasa kami gunakan. “Ucap Sopian.

Tumpukan Bubu bantuan KKP RI di Natuna tak berguna.

Jangan disamakan ukuran laut di Jawa sana yang banyak lumpur dengan laut Natuna yang banyak karang dan pasir putih..”Kan sayang alat yang sudah menghabiskan uang negara miliaran rupiah tetapi tidak dapat digunakan. “Ucap laki hitam manis itu.

Masih Sopian berharap.”Sebaiknya alat alat tangkap Bubu ini ditukar saja dengan yang cocok di pakai diperairan laut Natuna, yang sudah menumpuk ini di ambil saja mana tau didaerah lain masih bisa digunakan agar tidak mubazir.”Ucapnya.

Terkait hal tersebut, Gubernur Kepri Nurdin Basirunpun sangat menyayangkan atas tidak dapatnya digunakan ribuan alat tangkap jenis Bubu itu.

Hal tersebut dilontarkan oleh Gubernur saat berkunjung ke Pelabuhan Pian Pering tanggal (24/04) lalu. “Sayang Bubu yang sudah menghabiskan uang negara miliaran rupiah itu tidak bisa digunakan warga nelayan.”cap Nurdin, sambil menggeleng gelengkan kepalanya. (herman)

Ditulis Oleh Pada Ming 06 Mei 2018. Kategory Natuna, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek