; charset=UTF-8" /> Perawat Praktek Di Rumah Warga Lingga Tak Bisa Gunakan BPJS - | ';
'
'
| | 134 kali dibaca

Perawat Praktek Di Rumah Warga Lingga Tak Bisa Gunakan BPJS

Kadinkes Lingga, dr Bukit Tua  Rayanto Gultom.

Lingga, Radar Kepri – Sejak dibangun Pondok Bersalin Dèsa (Polindes) Tanjung Kelit, Kecamatan, Katang Bidare, Kabupaten Lingga Prov Kepri, empat tahun lalu, hingga kini masih terabaikan, diduga tidak ada anggaran.

Sehingga pelayanan kesehatan warga di Dèsa Tanjung Kelit, Kec. Katang Bidare tidak di dapat pelayanan keseatan. Bukan itu saja, BPJS milik warga juga tidak bisa di manfaatkan.

Bagai mana untuk memanfaatkanya BPJS, tenaga medis nya saja buka praktek di rumah pribadinya. Setidaknya, jika perawatnya mau buka praktek di rumah, dari pagi hingga pukul 12 00 WIB terima layanan BPJS lah,”kata salah seorang warga yang tidak mau namanya ditulis.

” Dulu Kami pernah melaporkan terkait dengan pelayanan di Polindes ini ke Bupati M Nizar. Namun tidak ada juga terlihat perubahannya. Bisalah, suami perawat yang bertugas di Polindes ini orang sekampung dengan pak Bupati. Kan bisa saja kita menduga macam-macam dugaan,”kata sumber radar Kepri.com.

Kadis kesehatan Kab Lingga, Dr Bukit Tua Rayanto Gultom, di konfirmasi awak media ini mengatakan bahwa.”Untuk polindes tanjung kelit sudah masuk dalam perencanaan agar tahun 2024.”ujarnya.

Ditambahkannya.”Tahun ini dapat di rehabilitasi dan terkait pelayanan kesehatan disana tetap berjalan karena petugas kesehatan berdomisili disana,” kata Dr Bukit melalui pesan singkat WA nya.

Saat ditanya siapa yang berwenang menempatkan tenaga medis di Polindes tersebut, Dr Bukit menjelaskan, Dinas kesehatan menindaklanjuti usulan yang disampaikan masing2 puskesmas yang memiliki wilayah kerja dan pihaknya sudah menyampaikan kepada kepala Puskesmas setempat.

“Sy sudah sampaikan dgn kepala puskesmas nya terkait informasi ini. Apalah benar informasi atau tidak utnuk ditindaklajutin. Untuk lebih jelas secara teknis bsia dikooridnaiskan dengan pimpinan puskesmas nya,”Tulis Dr Bukit.

Sementara Kepala Puskesmas Kecamatan Katang Bidare yang beralamat di Dèsa Rejai, Amrullah dikonfirmasi radar kepri.com terkait dengan hal tersebut kewenangan menempati tenaga medis Amrullah mengatakan kewenangan Kepala Puskesmas.

“Wslm.. Untuk petugas polindes kewenangan Kapus bg,” katanya melalui pesan singkat WA nya. Rabu (29/5)

Ketika ditanya mengapa selama ini Kapus tidak menugaskan Bidan di Puskesmas Tanjung Kelit. Amrullah menjelaskan bahwa di desa Tanjung Kelit, Polindes ada dua dilengkapi dengan petugas nya

“Di tanjung kelit cuma ada 2 polindes, dan di kedua polindes tersebut sudah ada petugasnya..” tulis Amrullah

Sebelumnya awak media ini bertemu dengan seorang warga Linau air batu, bercerita ke awak media ini ketika melakukan investigasi beberapa waktu lalu bahwa dirinya sangat kecewa dengan pelayanan medis di Polindes Tanjung Kelit.

“Saya sangat kecewa dengan petugas Polindes Tanjung Kelit itu bang ketika saya mau melahirkan, saya panggil petugas Polindes itu tidak mau datang. Sehingga bayi saya meninggal karena tidak dapat pertolongan medis,” katanya sedih. (Aliasar)

Ditulis Oleh Pada Rab 29 Mei 2024. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek