; charset=UTF-8" /> Distan Natuna Siap Awasi Hewan Qurban Tahun 2019 - | ';

| | 86 kali dibaca

Distan Natuna Siap Awasi Hewan Qurban Tahun 2019

Natuna, Radar Kepri-Menjelang pelaksanaan penyembelihan hewan kurban Idul Adha 1440 H/tahun 2019 yang diperkirakan akan jatuh pada tanggal 10-11 Agustus 2019 ini.

Dinas Peternakan dan Pertanian Kabupaten Natuna telah siap kembali melakukan pengawasan terhadap hewan qurban, melalui Bidang Peternakan.”Pengawasan ini meliputi pengamatan kesehatan hewan qurban sebelum dipotong terlebih dulu dilakukan pemeriksaan organ dalam setelah penyembelihan hewan qurban tersebut.”Terang Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Natuna, Tengku Fauzan Tambusai S.STP. melalui WhatsApp-nya, Rabu (31/07/2019) siang tadi.

Pemeriksaan tersebut dilakukan lanjut Tengk.”Bertujuan untuk mencegah adanya pemotongan terhadap ternak yang berpenyakit menular dan menghindari masyarakat dari mengkonsumsi daging yang tidak sehat.”Tambahnya.

Masih Fauzan, dalam pengawasan ini melibat 18 orang petugas.’Yang akan mengawasi di 65 titik /lokasi pemotongan hewan qurban yaitu, di Masjid-masjid, Surau/Mushalla, Sekolah-sekolah, Instansi, serta Organisasi Masyarakat (Ormas) maupun perorangan”, papar Fauzan.

Melalui media ini, Fauzan juga menghimbau kepada seluruh masyarakat dan pelaksana qurban agar ternak yang akan di qurbankan harus sehat, tidak cacat, serta cukup umur.

“Apabila ada masyarakat yang ragu dan mau memastikan kondisi calon hewan qurbannya, dapat menghubungi Dinas Pertanian melalaui Bidang Peternakan atau Puskeswan.” Insya Allah kita akan periksa. Masalahnya kita sampai saat ini belum tahu mana-mana hewan yang akan di qurbankan oleh masyarakat,”Ucap Fauzan.

Pada tahun 2018, berdasarkan data yang diperoleh dan tercatat oleh Dinas Pertanian Bidang Perternakan Kabupaten Natuna telah mencatat sebanyak 605 ekor hewan qurban yang terdiri dari 600 ekor sapi dan 5 ekor kambing.”Sementara untuk tahun 2019 proses pendataan masih berjalan.”Terang Fauzan. (Herman)

Ditulis Oleh Pada Rab 31 Jul 2019. Kategory Natuna, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek