'
| | 856 kali dibaca

Tanjungpinang Kuasai Bintan Drum Band Championship

Tim Drum Band SMAN 01 yang berhasil meraih juara umum dalam festival drum band championship.

Kijang, Radar Kepri- Sabtu, 10 Maret 2018, bertempat dilapangan Antam Kijang, pihak PDBI Bintan mengelar kegiatan Bintan Drum Band championship tingkat Sekolah Dasar, SMP dan SMA.

Acara ini, menurut ketua umum PDBI Bintan, hj. Fiven Sumanti, S.ip, merupakan yang perdana. Dia mengatakan lewat kegiatan ini bisa mengarahkan para pelajar melakukan hal-hal positif terutama dalam mengembangkan bakat.

Untuk tingkat sekolah dasar, kompetisi ini diikuti 3 tim, tingkat SMP 11 tim dan tingkat SMA diikuti 2 tim.”Sebenarnya ada 3 tim, tadinya SMA 1 teluk Bintan sempat mendaftar, namun tadi pagi mereka mengabarkan tidak jadi datang karena sudah basah kuyup akibat hujan,” ungkap fiven.
Dari 3 divisi tersebut, divisi tingkat SMP lah yang paling menarik. Persaingan begitu kental mewarnai 11 tim yang bersaing memperebutkan yang terbaik.
Dan terjadi kejutan pada divisi tingkat SMP, tim baru SMP 5 Tanjungpinang, keluar sebagai juara 3. Sekolah yang kini dikomandoi oleh Yulismar, mantan kepala sekolah SMP 4 tersebut, menorehkan prestasi perdananya diajang kompetisi drum band (db).

Karena sebelumnya, sekolah ini tidak memiliki tim db. Namun beberapa waktu lalu, walikota memberikan bantuan peralatan db, sehingga tim ini bersikukuh membentuk tim db.
Menariknya lagi, tim db SMP 5 dilatih langsung oleh Tino Japran. Pegawai satpol PP provinsi ini selama ini juga membantu melatih tim db SMP 2 Tanjungpinang.
Masih hijau dalam db, sungguh mengejutkan tim ini mampu masuk jajaran 3 besar, mampu mengalahkan tim db SMP 11 Bintan yang juga cukup terkenal dan selalu juara dalam setiap perlombaan Db.

Bahkan dalam ajang Bintan Drum Band championship ini SMP yang dilatih oleh Wana Yuda tersebut menempati posisi urutan 10 dengan nilai 64,55 poin dari 11 tim yang bersaing.
Lebih menarik tim ini tampil perdana sebagai nomor undi 1.
Menurut mayoret tim ini, Yesika dan Imelia, mereka latihan hanya 2 minggu dan fiel commander Salsa. Dengan kostum dominasi hitam yang dipermanis list merah, tim ini tampil percaya diri. Fiel commander, yang mengenakan terusan hitam didominadi warna putih ditambah aksen payet-payet kecil dengan aksesoris topi berbulu putih dan kostum mayoret warna pink semakin menyempurnakan perform tim besutan Tino Japran tersebut.

Sayang, saat tim ini diumumkan sebagai juara 3 dengan 71,4 poin, deru teriakan kebahagiaan mengema. Secara spontan tim ini berdiri diiring dengan pelemparan topi ke udara.
Melihat prestasi yang mengejutkan, tim db smp 5 patut untuk diperhitungkan kedepannya.
Memungkinkan sekali tim ini bisa menyaingi tim db SMP 2 Tanjungpinang yang sudah lebih dulu punya nama.
Tidak kalah seru, meski pasukan 92, gita harmoni SMP 2 sudah pulang ke Tanjungpinang.

Namun semangat guru-guru pendamping bersama pelatih db SMP 2, Normajaniah, tidak kalah seru dengan deru angin puting beliung saat tim ini didaulat sebagai juara 1, ditingkat divisi SMP.
Terlebih, saat sesi latihan yang ditampilkan tim regenerasi terkesan mengkhawatirkan.
Bahkan tim ini juga dinobatkan sebagai juara umum tingkat SMP. Perolehan poin tim ini 72,55.
Menurut ketua dewan juri, Sehat Kurniawan s, juri asal Jakarta, tim ini secara keseluruhan mengalahkan perolehan nilai tim db SMA 1 Tanjungpinang. Terutama untuk penilaian musik performance yang berhasil mendapat nilai 81 poin, sedangkan SMA 1 memperoleh 75 poin. “Secara keseluruhan nilai SMP 2 lebih tinggi dibanding SMA 1 Tanjungpinang. Dari 3 kategori penilaian smp 2 mendapatkan nilai tertinggi dari peserta lainnnya. Satu-satunya wakil Bintan yang masuk jajaran 3 besar diraih oleh SMP 2 Kijang, yang saat penyelenggaraan ribc 2017 lalu berhasil menduduki posisi puncak mengalahkan tim db SMP 2 Tanjungpinang

Wajah sumringah terpancar nyata diwajah pelatih SMP 2 Tanjungpinang, Normajaniah. Begitu turun dari mimbar, perempuan ibu 2 orang anak ini langsung memeluk penulis. “Terimakasih untuk semua dukungannya selama ini ya, bu,” ujarnya sembari memberikan kecupan di pipi penulis.

Eforia kebahagiaan itu turut ditunjukkan Firman, salah seorang guru yang aktif membantu tim db ini dalam berbagai kesempatan. Begitupun beberapa guru yang masih berada di arena. Turut menjabat erat penulis sembari tersenyum bahagia.
Sayangnya, kepala sekolah SMP yang pernah berdomisili dijalan Tengku Umar itu, Hariyana Safitri, belum memberikan tanggapan dengan kemenangan timnya yang meraih juara 1 sekaligus juara umum divisi SMP.
Selengkapnya juara untuk tingkat SMP dengan persaingan 11 tim dan nilai hanya selusih tipis.
Juara 1 SMP 2 Tanjungpinang dengan nilai 72,6 poin, juara 2 SMP 2 Kijang dengan nilai 72, 55 juara 3 SMP 5 Tanjungpinang dengan nilai 71, 4.
Sementara ditingkat divisi SMA, hanya ada 2 tim yang adu perform, SMA 1 Tanjungpinang (smansa) dan SMA 1 Tua Paya.
Aksi tim smansa pada kesempatan ini terbilang sederhana, terutama untuk colour guatd (cg) yang memakai kostum merah dan bendera seadanya.
Menurut sang pelatih, ST. Muhammad Isa, pasukannya berjumlah 66 personil dan ditambah 10 orang official. Ia juga masih dibantu Pendi.
Tim ini sudah dipersiapkan sejak Februari, sesuai masuknya kabar even Bintan drum band championship.”Latihan 2 kali saja seminggu, jumat dan Minggu. Minggu kita bisa full, kalo Jumat tidak,”tukasnya.

Lengkapnya juara divisi SMA, juara 1 sekaligus juara umum SMA 1 Tanjungpinang dengan nilai 75 poin dan juara 2 diraih SMA 1 Tua Paya dengan nilai 66, 15 poin.
Tim ini pun baru pertama kali ikut perlombaan db dan langsung masuk 2 besar. Kostum tim ini cukup mentereng.

Dengan dominasi putih dipadu biru dongker dan tim cg dengan kostum ala pramugari, tim ini cukup mendapat applaus saat menunjukkan performnya.(lanni)

Ditulis Oleh Pada Ming 11 Mar 2018. Kategory Bintan, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

3 Comments for “Tanjungpinang Kuasai Bintan Drum Band Championship”

  1. Seni tanpa batas.. Butuh persiapan untuk menjadi yang terbaik.. Berita tersebut menurut saya kurang baik.. Hanya bisa comment keburukan dan selalu membandingkan antara team satu dan team yang lain.. Kalau ngerti tentang seni,seni itu tidak ada batasnya dan semua seni itu bagus.. Hanya orang yang gak mengerti seni lah yang bisa meng comment keburukan dan perbandingan..
    Berita yang sangat luar biasa.,.
    Tapi tampak biasa. .

  2. kelvin septiawan hanifbal

    Sebelumnya saya menghargai atas berita yang anda buat. Tapi saya mohon untuk membuat berita berdasarkan fakta dilapangan. Saya melihat segala berita anda mengenai drumband selalu ada keberpihakan dan bukan netral. Ibu lanni yang terhormat, kalau anda jurnalis yang profesional maka saya meminta untuk tidak membandingkan tim satu dengan tim lainnya dan seolah hanya smp2 yang terbaik, karna disini saya memiliki bukti kertas penilaian. Terimakasih

  3. Jansvar valentino

    Maaf sebelumnya saudara pendy dan saudara kevin .bukan untuk membandingakan anatara tim . Saya setuju kalau seni emng tiada batasnya hanya saja terkadang seni itu ada penilaianya dalam kompetisi dari situlah bisa di dapat yang juaranya .bukan berati yang tidak juara seninya jelek bukan . Dan disini soudara kevin drumband bukan hanya 1 penilaian saja tetapi banyak penilaian . Soudara ada kertas penilaian kan .mungkin bisa di lihat di kolom musik berapa nilai sman 1 dan smp 2. Berbeda kan hanya saja itu perbedaan dari 2katagori yang berbeda .jadi jangan bilang ini adalah membanding bandingan .kalau mau membanding bandingan bukan begitu cara membandingan .
    Saya harap kita bisa kompak selalu tampa harus menyudutkan pihak mana pun . Terima kasih

Komentar Anda

Radar Kepri Indek