; charset=UTF-8" /> Setengah Bulan Pustu Tidak Beroperasi, Warga Kesulitan Berobat Di Lingga - | ';
'
'
| | 498 kali dibaca

Setengah Bulan Pustu Tidak Beroperasi, Warga Kesulitan Berobat Di Lingga

Puskesmas Pembatu Desa Mensanak, Kecamatan Katang Bidare, Kabupaten Lingga. (foto by aliasar)

Lingga, Radar Kepri – Hampir dua pekan Puskesmas Pembantu ((Pustu) Dèsa Mensanak, Kecamatan Katang Bidare, Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau (Prov Kepri)  tidak beroperasi, akibatnya masyarakat merasa dirugikan dan resah.

Dampaknya, ketika warga sakit harus berobat, terpaksa mengeluarkan biaya tambahan untuk pergi ke Dèsa lain diluar Dèsa Mensanak.

Hal diketahui, salah seorang warga Dèsa mensanak disampaikan kepada Radar Kepri.com Kamis (20/6)

“Pustu kita ini sudah hampir dua pekan tidak buka pak. Sehingga kita warga Dèsa Mensanak umunya, kesulitan untuk berobat, terpaksa pergi kampung lain berobat,” kata sumber yang enggan namanya di publikasi.

Selain itu lanjut sumber, pelayanan Pustu tersebut minim karena perawatnya. Warga Dèsa Mensanak.

“Terjadinya pelayanan minim di Pustu Dèsa Mensanak ini mungkin karena perawatnya warga kampung ini, makanya mereka suka-suka kerja di Pustu ini,” ucap sumber.

Selain itu kata sumber yang sama mengunkapkan masalah pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) kesehatan sebagian warga tidak tidak pernah digunakan.

“Masalah BPJS warga, tak pernah digunakan. Pasalnya, warga tidak tahu cara menggunakannya. Kaera, perawat Pustu jarang berada di tempat. Jika warga mau berobat, kita cari perawatnya dulu, entah itu di rumah keluarganya, pokoknya jaranglah di tempat,” jelasnya.

Warga berharap kepada pihak yang berwenang agar Perawata Pustu Mensanak di rolling ke Pustu lain.

“Kami berharap kepada pihak yang berwenang atau Pemerintah Kabupaten Lingga, supaya perawat yang bertugas di Pustu Dèsa Mensanak ini di Pindahkan ke Pustu daerah Lain. Biar orang luar bertugas disini dan biar petugas warga Mensanak bertugas di tempat lain, supaya pelayanan di Pustu ini maksimal. Karena, kalau orang bukan warga Desa mensanak yang bertugas di Pustu ini, pasti fokus di Pustu ini bertugas,” tutup sumbe

Pantauan Radar Kepri.com dilapangan, Pustu Dèsa Mensanak, Kecamatan Katang Bidare, seperti tidak terawat. Selain bangunannya kurang bersih, terlihat juga jemuran kain di halaman nya seperti tidak terawat

Pemerintah Kabupaten Lingga beserta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lingga, agar mendengar keresahan masyarakat.

Selain di Dèsa Mensanak, hampir di Seluruh Pulau -Pulau terpencil kondisi fasilitas Kesehatan tak terawat, apa tidak ada anggaran perawatan Pustu tersebut.

Terkait tak beroperasinya Pustu di Mensanak dan belasan Pustu lainya yang kumuh dan tak terurus. Upaya konfirmasi masih dilakukan, namun belum ada tanggapan dari pihak-pihak terkait.

Padahal, setiap tahun, Pemkab Lingga mengalokasikan miliaran rupiah mendukung agar masyarakat mendapat layanan kesehatan yang layak.

Wajar masyarakat meminta agar dinas terkait di audit untuk mengetahui ada atau tidaknya dugaan korupsi dalam dugaan penyalahgunaan dana operasional untuk ratusan pustu yang ada Lingga (aliasar)

Ditulis Oleh Pada Kam 20 Jun 2024. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek