| | 2.156 kali dibaca

Panas Dingin Pemberi Gratifikasi ke Bang Den

Tim penggeledah KPK di Gedung Daerah.

 

Tanjungpinang, Radar Kepri-Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK pada 10 Juli 2019 lalu memang hanya menyita 6 ribu dolar Singapura. Dan terungkap pemberian itu bukan yang pertama, namum untuk kedua kalinya. Sebelumnya,pada 30 Mei 2019, KPK menyebutkan Nurdin Basirun (saat ini mantan Gubernur Kepri, red) telah menerima 5 ribu dolar dan Rp 45 juta dari pihak yang sama.

Barang bukti “receh” ini diduga menjadi pintu masuk bagi penyidik KPK mengungkap dugaan gratifikasi lainnya yang mengalir Bang Den, sapaan Nurdin Basirun.

Pasalnya, saat menggeledah rumah dinasnya di gedung daerah ditemukan uang dengan total Rp 5,3 Miliar. Publik terhenyak, temuan tim penggeledah KPK itu hanya beda tipis dengan harta kekayaan yang dilaporkan Bang Den KPK tiap tahunya yang berada dikisaran Rp 5,6 Miliar.

Uang ini dari mana ? Itulah pertanyaan yang muncul. KPK masih mendalami, namun diyakini uang tersebut bukan fulus sejuk. Bang Den tentu akan ditanyakan dari mana miliaran rupiah uang di rumah dinasnya. Jika Bang Den jujur, dipastikan sejumlah pemberi gratifikasi ini akan panas dingin, menunggu waktu menyusul Bang Den. Jika jujur, hukuman Bang Deb bisa ringan dan mungkin selamat dari tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Realita sebaliknya terjadi, jika berkelit dan tidak jujur, tuntutan dan vonis tinggi menanti. Bahkan bisa saja, Bang Den dijerat UU Pencucian uang yang hukumanya lebih berat.

Akankah kasus dugaan suap reklamasi ini melebar ke kasus gratifikasi lainnya ?. Hingga sekarang, KPK masih mendalami temuan uang di rumah dinas Bang Den itu. Pertanyaan lain, mungkinkah KPK juga menggeledah rumah pribadi Bang Den di Tanjung Balai, Batam dan Singapura ?.

Mari kita sama-sama menunggu gebrakan KPK lebih dalam menguak gurita gratifkasi yang menjerat Bang Den ini.(irfan)

Ditulis Oleh Pada Sab 13 Jul 2019. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek