| | 132 kali dibaca

Kepala BPJamsostek Himbau Pencairan BPJS Urus Sendiri

Hery Marhat dan anggota PPI rapat untuk menggelar demo.

Batam Radar Kepri-Terkait pemberitaan, media Oline, www.radarkepri edisi Jum”at lalu berjudul.”Ada Calo diBPJS ketenagakerjaan Cabang Nagoya Batam, ini Klarafikasi yang dikirimkan oleh Kepala Cabang BPJS, Cabang Bahaya Surya Rizal,ke- redaksi Radar kepri- melalui inbok WhatsAppnya.

Cara Klaim BPJAMSOSTEK Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau yang saat ini lebih dikenal dengan sebutan BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Batam Nagoya menyoroti adanya isu terkait penawaran jasa pencairan JHT melalui perantara/calo dan pungli yang bisa merugikan peserta, tanggal 2/10.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya, Surya Rizal menghimbau kepada para peserta untuk lebih waspada dan selektif dalam menerima informasi dari medsos atau media lainya terkait penipuan bermodus perantara atau pungli yang mengatasnamakan BPJAMSOSTEK atau BPJS Ketenagakerjaan.

“Setiap peserta yang ingin mengajukan klaim JHT, tidak bisa diwakilkan, sehingga jika ada yang menawarkan jasa untuk melakukan klaim pencairan JHT, hal tersebut dimanfaatkan para calo untuk memungut biaya jasa pencairan dana JHT dan berujung pada tindakan penipuan” imbuhnya.

“Apalagi jika ada oknum yang mengatasnamakan BPJAMSOSTEK atau BPJS Ketenagakerjaan melakukan pungli terkait pengurusan klaim itu adalah HOAX”. Proses klaim JHT yang resmi tidak dikenakan biaya apa pun alias gratis, jadi jangan mau dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.”tegas Surya.

Surya menegaskan bahwa para karyawan yang ada di BPJAMSOSTEK sudah dipastikan tidak akan melakukan perbuatan seperti itu, apalagi hingga berdampak pada kerugian yang dialami oleh para peserta.”Jika memang ada karyawan kami yang terbukti melakukan Fraud (Suap, Pungli, Gratifikasi, Korupsi) baik dalam proses klaim ataupun pembayaran iuran, pihak management tidak akan segan – segan memberikan sanksi pidana dan pemecatan kepada yang bersangkutan.
“Kami selalu mengampanyekan Good Governance, dimana setiap karyawan selalu berkomitmen untuk bekerja sesuai dengan nilai Budaya Kerja yang ditanamkan di BPJAMSOSTEK yakni I-ETHIKA (Iman, Ekselen, Teladan, Harmoni, Integritas dan Kepedulian)” ungkap Surya.

Surya juga menjelaskan guna meningkatkan pelayanan kepada peserta, BPJAMSOSTEK telah menyediakan berbagai kanal untuk melakukan klaim, ditambah dengan pengajuan klaim berbasis elektronik melalui Antiran Online.
“Bagi peserta yang ingin mengajukan klaim secara online bisa mengaksesnya melalui situs (https://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id/) lalu mengisi form identitas peserta, tanggal, jam dan kantor cabang tempat pengajuan klaim” tuturnya.
“Terakhir, peserta tinggal datang ke kantor sambil melengkapi berkas persyaratan seperti KK, KTP, Kartu Peserta, Surat Penglaman dan Buku tabungan sesuai jadwal tanpa harus menunggu antrian.”jelas Surya
Selain itu BPJAMSOSTEK mengoptimalkan teknologi untuk memudahkan penyampaian informasi dan layanan, melalui sosial media (sosmed), pengiriman email dan aplikasi BPJSTKU guna melakukan pengecekan saldo Jaminan Hari Tua (JHT), status kepesertaan, upah yang dilaporkan dan informasi lainya.
“Kami berharap masyarakat hanya menggunakan atau mempercayai informasi dari kanal resmi itu. Kami juga menghimbau agar segera menghubungi kanal resmi layanan BPJS Ketenagakerjaan atau call center kami (BPJS Ketenagakerjaa.red) 175, bila ditemukan hal-hal yang mencurigakan atau meragukan terkait informasi manfaat dan program BPJS Ketenagakerjaan” tutup Surya
Ade Trilaksono, PIC Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya.
Hal ini ditanggapi oleh Penasehat PPI kota Batam Herry marhat, sanggahan dari Kepala Cabang BPJS ,Nagoya diatas, Surya Rizal hal yang wajar, yang mengatakan tidak ada calo dan Pungli dikantor BPJS cabang Nagoya Batam,.”Akan tetapi, buktinya kita temukan, dilapangan Bahwa colo itu ada,
Mereka menawarkan jasa kepada kita,nggak tanggung- tanggung, Colo mengatakan, semua urusan bisa diurus walaupun KTP, KK, tidak namun BPJSnya bisa kita bantu mencairkan, asalkan orang ada,
Tapi calo bilang, mereka mau urus, itu Pencairan diatas Rp 20 sampai 30 juta, biar bisa dibagi dengan orang dalam.” Sebut Herry, mangulangi, ucapan calo.( Taherman)

Ditulis Oleh Pada Sab 02 Nov 2019. Kategory Batam, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek