| | 2.504 kali dibaca

Kemajuan Pembangunan Kabupaten Natuna Sudah Sangat Pesat

Wajah Natuna Pembangunan ruko di jalan pramuka  Ranai, Kabupaten Natuna tahun 2014

Wajah Natuna Pembangunan ruko di jalan Pramuka, Ranai, Kabupaten Natuna tahun 2014

Natuna, Kepri Info-Akhir-akhir ini Kabupatenn Natuna yang dulu hanya sebuah kecamatan dari Kabupaten Bintan, Provinsi Riau ini sudah semakin pesat pertumbuhanya. Baik  di segi pembangunan, Infrastruktur Jalan dan sebagainya, kini sudah terlihat geliat dan hasilnya.

Di bawah kepemimpinan para Bupati Natuna terdahulu sampai ke masa kepemimpinan Drs H Ilyas M Si dan Imalko SE sudah sangat terlihat perkembanganya. Dimana, yang dulu jalan-jalanya rusak atau belum dibangun, kini sudah dibangun oleh pasangan pemimpin baru ini. Jalur transportasi laut, darat dan udara secara bertahap sudah pula mulai  terbenahi,  bahkan pada tahun 2015 ini kabarnya Bandar Udara Engklave Cipil selesai pengerjaanya.

Dari segi pembangunan masyarakat swasta, juga kini sudah mulai terlihat pembangunan ruko-ruko di sepanjang pinggir jalan di Kota Ranai juga sekarang sudah sangat terlihat. Para pedagang semakin hari semakin pesat, mulai dari pedagang pakaian, pedagang makanan dan lainya, kini sudah tidak sulit lagi mencarinya. Bahkan ada yang buka 24 jam .

Menurut Bupati Natuna Drs H. Ilyas Sabli M Si.”Semua itu tidak terlepas dari keberhasilan  kepemimpinan Ilyas dan Imalko. Pesatnya berbagai bidang pembangunan di daerah Natuna hendaknya suatu modal kebanggaan bagi masyarakat Natuna yang harus disyukuri.”Paparnya.

Menurut Yakup (56) masyarakat Natuna kepada media ini Senin (01/09) di Ranai.”Kalau  di bandingkan dengan masa 10 tahun yang lalu, Natuna memang sudah sangat pesat perkembanganya. Dulu, kami yang merasakan bagaimana susahnya di Natuna ini, jangankan untuk tranportasi, mencari bahan makanan saja sangat sulit, apalagi di musim-musim yang disebut musim Utara alias musim angin kecang.”terangnya.

Kalau dulu sebelum datang musim-musim tersebut, semua warga masyarakat sudah mengantisipasi berbagai persiapan  mulai dari bahan makan sagu, ikan kering/ikan salai, ubi kayu dan lain-lain sudah di persiapkan oleh masyarakat.”Namun, sekarang ini sudah tidak lagi seperti itu, kini hanya masyarakat tinggal mempersiapkan uang saja, berbagai kebutuhan sudah sangat mudah didapat di Warung-warung atau Mini market-mini market yang sekarang sudah banyak di daerah ini.”Paparnya.

Yakup juga mengatakan, sudah seharusnya masyarakat banyak bersyukur kepada Allah,  apalagi  dengan sudah disahkanya oleh DPRD  14 Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Natuna, termasuk Perda pemekaran Desa dan Kecamatan. Pemekaran jelas sangat membantu daerah dalam pengembangan pembangunan di daerah khusunya Desa dan Kecamatan.

Kalau semuanya sudah berjalan nantinya.”Saya yakin kemajuan daerah ini akan semakin bertambah, pengusahapun akan melirik ke daerah Kabupaten Natuna ini. Hanya satu yang  menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi pemerintah daerah, bagaimana cara untuk mengatasi  Pembangkit Listrik Negara (PLN) ini agar tidak lagi hidup-hidup mati seperti saat ini. Kalau semua itu sudah bisa diatasi saya yakin dan percaya Kabupaten Natuna akan bisa bersaing dengan Kabupaten-Kabupten dan Kota lain yang ada di Kepri, menuju Natuna Mas sebagaimana yang dicanangkan pemerintah Kabupaten Natuna sebelumnya ” pungkas Yakup.(herman)

Ditulis Oleh Pada Sel 02 Sep 2014. Kategory Natuna, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek