'
| | 1.541 kali dibaca

Kasus Kebakaran Kantor DP2KA “Mengendap” di Polsek Lingga

Kantor Mapolsek Daikng Lingga

Kantor Mapolsek Daikng Lingga

Lingga, RadarKepri-Hingga hari ini kasus kebakaran yang terjadi di ruangan arsip di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DP2KA) pada 30 Maret 2014 belum juga tuntas pengusutannya. Entah mengapa polisi terkesan lamban dan sengaja “memendam” kasus kebakaran yang sengaja dibakar itu untuk menghilangkan sejumlan barang bukti dokumen.

Dugaan sabotase terkait adanya unsur kesengajaan di balik terbakarnya data-data restribusi dan lainnya. Disinyalir hal itu di lakukan terkait dugaan penyimpangan dana restribusi daerah, sehingga adanya upaya menghilangkan barang bukti dugaan tindak pidana penyimpangan dan penyelewengan keuangan negara.

Anehnya lagi, sejak terjadi pembakaran atau adanya unsur kesengajaan pembakaran ruangan arsip terkait data-data penting daerah. Penyelidikan perkara dugaan tindak pidana tersebut seakan mandeg di Polsek Lingga yang saat ini di pimpin Iptu Hendriyal.

Padahal jelas sebagaimana di sampaikannya beberapa saat lalu, kepada wartawan terkait kebakaran di ruangan arsip atas, hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dilakukan tim laboratorium forensik dari Medan.

Dari olah TKP di ketahui sumber api berasal dari tempat lain atau api berasal dari sisa pembakaran. Disinyalir pembakaran tersebut sudah di lakukan terencana dan diduga adanya motif tertentu, sehingga adanya keberanian seseorang melakukan pembakaran tersebut. Yang diduga kuat di lakukan “orang dalam” dan atau atas perintah seseorang, sehingga pembakaran itu terjadi.

Sebab mustahil tanpa adanya pelaku api dari tempat sisa pembakaran bisa berada di dalam ruangan arsip. Sementara itu, beberapa bulan yamg lalu, hasil atas pantauan media ini sudah beberapa pegawai di dinas tersebut telahpun diperiksa dan juga saksi yang melihat adanya asap di ruangan tersebut sudahpun di lakukam pemeriksaan atau dimintai keterangan oleh pemyidik dari Polsek Lingga.

Namun, sejak itu sampai saat ini, tidak jelas kelanjutan perkara tersebut di tangani dan belum terungkapnya motif di balik kebakaran. Apalagi sampai saat ini penanganan perkara dugaan tindak pidana pembakaran ruangan arsip di Dinas Pengelolaan Keuangan tak terlihat.

Terutama demi mengungkap fakta-fakta dan pelaku pembakaran dan motif di balik adanya kesengajaan pembakaran yang di sinyalir menghilangkan bukti-bukti yang diduga terkait tindak pidana penyelewengan dan atau penyalahgunaan keuangan negara di Dinas pendapatan pengelolaan keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Lingga.(amin)

Ditulis Oleh Pada Ming 26 Apr 2015. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda