'
| | 3.408 kali dibaca

Inilah Kekuatan Suara Parpol Empat Bacalon Kepala Daerah Lingga

Kantor KPUD Lingga yang sudah siap melaksanakan Pilbu Lingga pada 9 Desember 2015 nanti.

Kantor KPUD Lingga yang sudah siap melaksanakan Pilbup Lingga pada 9 Desember 2015 nanti.

Lingga, Radar Kepri-Hampir dipastikan pertarungan pemilihan kepala Daerah Kabupaten Lingga di ikuti 4 pasangan saja. Sesuai dengan yang sudah mendaftar di KPUD Lingga, setelah penetapan dari bakal calon menjadi calon Kepala Daerah tidak berubah dengan jumlah yang sama dan memenuhi syarat-syarat, baik administrasi maupun kesehatan serta kelengkapan lainnya.

Kekuatan partai pendukung maupun partai pengusung bisa hampir seimbang, sebab ke 4 bakal calon saat ini dalam gabungan dukungan yang tak jauh berbeda. Bahkan melihat dari hasil pileg kabupaten Lingga 2014 jumlah suara partai pengusung 4 pasangan bakal calon tersebut tidak terlalu menonjol selisih jumlah suara dan jumlah kursi partai pengusung.
Dalam catatan radarkepri.com, jumlah suara hasil pemilihan legislatif partai pengusung dari H Allias Wello, S.Ip dan M Nizar, S.Sos mencapai 11 491 suara.Yang terdiri dari 4.673 suara merupakan perolehan suara dari Dapil 1, dan 6.818 suara diperoleh dari Dapil 2. Atau 5 kursi DPRD Lingga atau 25% dukungan partai politik dari 20 kursi DPRD Lingga.
Pasangan Harlianto S.Kom-H Al Gazali AW S.Ag yang di dukung partai Hanura dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS ). Dimana Partai Hanura mendulang 6.548 suara, dengan rinciang 4.949 suara di Dapil 1 dan 1.599 suara di Dapil 2. Sedangkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) harus berada di tempat ke lima dengan 4.014 suara, dimana 2.152 suara dari Dapil 1 dan 1.862 suara di Dapil 2. Sehingga jumlah suara pileg kedua partai yang mengusung pasangan ini sebesar 10.562 suara atau 5 Kursi DPRD Lingga atau 25% dukungan calon dari 20 kursi DPRD Lingga.

Selanjutnya pasangan Mohd , Ikhsan Fansuri, S.T dan H Isnin S.pd, Msi yang di usung partai Demokrat dan Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P). Jumlah suara Pemilihan Legislatif Partai Demokrat dengan 6.980 suara, dimana 1.778 suara dari Dapil 1 dan 5.202 suara dari Dapil 2 dan PDI-P dengan jumlah suara dari kedua baik dapil 1 maupun dapil 2 sebesar 3.184 . Sehingga dengan suara pileg kedua partai pengusung total suara partai pendukung 10.164 Dengan jumlah 4 kursi DPRD Lingga atau 20% dari jumlah 20 kursi DPRD Lingga.

Selain dengan adanya partai pengusung adanya partai pendukung yang salah satunya Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Gerindra pada pasangan Mohd Ikhsan Fansuri, S.T dan H Isnin S.pd, Msi. Hanya saja, partai PPP tidak dapat mengusung pasangan calon persebut di karnakan persoalan administrasi akibat adanya konflik internal di kepengurusan DPP antara PPP kubu Djan Fariz dan PPP kubu Rohmaruruzi.

Namun partai PPP memiliki 1 Kursi di DPRD Lingga, sementara itu Partai Gerindra tak memiliki 1 kursi pun di DPRD Lingga baik Dapil 1 maupun dari Dapil 2.

Hal ini di sampikan Okta Robin selaku ketua DPC Gerindra dan Tengku Nazwar di sela-sela acara pendaftaran. Dari kedua partai ini jumlah suara partai lebih kurang 4.500 suara dari 2 Dapil. Jadi total suara pendukung Ikhsan-Isnin mencapai 14 664, terbanyak dari calon-calon lain.

Begitu juga halnya, dengan Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Usman Taufik, S.E dan Hj Siti Aisyah, S.E. Pasangan ini di usung Partai Golkar berada dengan perolehan 10.365 suara. 8.344 suara dari Dapil 1 dan 2.021 suara dari Dapil 2. Atau  4 Kursi di DPRD Lingga atau 20 % dukungan dari 20 kursi DPRD Lingga. Sehingga yang tersisa satu partai yaitu PKB yang bisa mengusung bakal calon dengan berkoalisi diantara 4 pasangan calon tersebut, di karenakan dengan 1 kursi di pastikan tidak memenuhi syarat 20% suara pengusung satu lagi pasangan bakal calon Bupati Lingga.(amin)

Ditulis Oleh Pada Rab 29 Jul 2015. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek