; charset=UTF-8" /> Harta Pemilik PT Sun Resort Bakal Disita dan Dilelang - | ';

| | 612 kali dibaca

Harta Pemilik PT Sun Resort Bakal Disita dan Dilelang

Iwan Kesuma Putra SH MH dan rekan.

 

Tanjungpinang, Radar Kepri-Setelah majelis hakim Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Medan menyatakan PT Sun Resort pailit alias bangkrut. Pengadilan Niaga mengumumkan bangkrutnya perusahan milik Sukardi ini di dua media cetak, harian Batam Pos dan harian Sindo News pada Jumat 27 Mei 2022.

Pengumuman pailit ini menurut kuasa hukum PT Asiatech Bintan Sukses dan PT Bahrul Sukses Maknur Konstruksi yakni Iwan Kesuma Putra SH MH, Arizal SH MH dan Musrini Rahmayanti SH untuk memenuhi ketentuan pasal 15 ayat (4) junto pasal 86 junto pasal 114 UU nomor 37 tahun 2004 tentang kepailitan dan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU).”Dengan ini diumumkan putusan pengadilan niaga pada PN Medan nomor 35/Pdt_Sus_PKPU/2021/PN Niaga Mdn tertanggal 17 Mei 2022 yang berbunyi antara lain sebagai berikut.”terangnya.

Pertama, menyatakan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) PT Sun Resort selaku termohon PKPU/debitur berakhir.

Kedua menyatakan PT Sun Rosort berada dalam pailit dengan segalan akibat hukumnya.

Ketiga, menunjuk saudara Domingus Silaban SH MH, Hakim Pengadilan Niaga PN Medan sebagai hakim pengawas untuk mengawasi proses kepailitan PT Sun Resort. Keempat, menunjuk dan mengangakat saudara Maria Julianti SH, Agus Susanto SH, Asrul Azwar Siagian SH dan Andrea Ariefanni SH selaku tim kurator dalam.proses kepailitan tertanggal 24 Mei 2022 ditentukan sebagai berikut.

Mengadakan Rapat Kreditor Pertama akan diadakan pada Selasa 07 Juni 2022 pukul 10 00 Wib di Pengadilan Niaga pada PN Medan.”Saya dan tim akan hadir dalam rapat tersebut.”kata Iwan Kesuma Putra SH MH pada media ini dikantornya, komplek Ruko Bintan Center, Tanjungpinang, Sabtu (04/06).

Selanjutnya pada Jumat 17 Juni 2022 akan digelar rapat Batas Akhir Pengajuan Tagihan para Kreditor dan pajak di kantor tim kurator PT Sun Resort (dalam pailit). Kemudian pada 21 Juni kembali digelar rapat pencocokqn piutang dan verifikasi pada pajak di Pengadilan Niaga pada PN Medan

Terhadap agenda pasca putusann pailit PT Sun Resort ini, Iwan Kesuma Putra SH MH memberian apresiasi atas kinerja tim kurotor sesuai dengan amanat UU dan putusan majelis hakim.

Konsekwensi Hukum Terhadap PT Sun Resort.

Vonis pailitnya PT Sun Resort berdampak hukum pada aset perusahaan dan pihak perorangan yang ada dalam struktur perusahaan.”Aset perusahaan dan orang namanya yang ada dalam akta pendirian perusahaan dapat disita oleh majelis hakim pengadilan niaga setelah hakim pengawas memberikan penilaian atas pihak PT Sun Resort. Bukan hanya aset perusahaan, aset milik pemegang saham, komisaris, direktur hingga aset milik istrinya dapat disita untuk dilelang.”terang Iwan sapaan Iwan Kesuma Putra SH MH.

Dan satu lagi, menurut Iwan, meskipun ada upaya hukum lain namun tidak menghalangi pelaksanaan vonis pengadilan niaga tersebut terutama tugas tim kurotor dan hakim pengawas.

Bahkan tindakan lebih ektrim berupa penahanan (dijebloskan ke penjara,red) juga dapat diputuskan oleh majelis hakim Niaga.”Inilah perbedaan pengadilan niaga dengan perdata umum. Upaya paksa berupa penahanan ini sesuai dengan pasal 93 tentangĀ  tindakan setelah pernyataan pailit dari kurator.”jelasnya.

Hingga berita ini dmuat, media ini belum berhasil menjumpai pihak PT Sun Reosrt guna klarifikasi dan konfirmasi atas putusan majelis hakim pengadilan Niaga pada PN Medan itu.(irfan).

Ditulis Oleh Pada Sab 04 Jun 2022. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek