' '
| | 808 kali dibaca

Gustian Bayu Dihukum 4 Tahun Penjara Plus Denda Rp 200 Juta

Gustian Bayu ketika disidangkan untuk pertamakalinya di Pengadilan Tipikor pada PN Tanjungpinang.

Gustian Bayu ketika mendengarkan amar putusan majelis hakimi Pengadilan Tipikor pada PN Tanjungpinang, Selasa (03/03).

Tanjungpinang, Radar Kepri-Gustian Bayu, terdakwa Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) proyek pembebasan lahan Unit Sekolah Baru (USB) dihukum selama 4 tahun penjara plus denda Rp 100 juta subsidair 3 bulan kurungan. Vonis dibacakan Parulian Lumbantoruan SH MH, ketua majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara tersebut di Pengadilan Tipikor pada PN Tanjungpinang, Selasa (03/03).

Terhadap putusan tersebut, Aldi Zakri SH, Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri Tanjunhgpinang menyatakan pikir-pikir begitu pula dengan Gustian Bayu.”Terdakwa terbukti melanggar pasal 3 junto pasal 18 UU Tindak Pidana Pemberantasan Korupsi junto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana.”kata Zaldi Akri SH usai siding.

Vonis tersebut lebih ringan 3,5 tahun dari tuntutan jaksa yang sebelum menuntut Gustian Bayu dihukum selama 7,5 tahun penjara plus denda Rp 300 juta subsidair 6 bulan penjara.

Gustian Bayu merupakan orang kedua yang telah divonis Pengadilan Tipikor, sebelumnya Dedy Chandra juga telah diputus bersalah dan dihukum selama 6 tahun penjara plus denda Rp200 juta subsider 3 bulan kurungan, serta ditambah uang pengganti kerugian negara Rp1,218 miliar, subsider 3 tahun penjara.

Sampai hari ini, penyidik Polres Tanjungpinang telah menetapkan 4 dari 9 orang anggota tim 9 (pembebasana lahan,red), yaitu Dedy Chandra, Gustian Bayu (sudah divonis), Syafrizal dan Yusrizal Aptnh. Sedang 5 orang lagi yang masuk dalam tim 9 masih sebatas saksi yakni, Drs. H. Wan Samsi selaku Asisten Pemerintahan dan Kesra selaku Ketua Tim 9, Drs. Surya Dianus sebagai Kepala Kantor Pertanahan Kota Tanjungpinang, Tri Agus Kasmanto sebagai Pj. Kepala Kantor Pajak Pratama Tanjungpinang, Drs. H. Syafrial Evi sebagai Kepala Bappeda dan Penanaman Modal kota Tanjungpinag dan Wan Martalena.(irfan)

Ditulis Oleh Pada Sel 03 Mar 2015. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

1 Comment for “Gustian Bayu Dihukum 4 Tahun Penjara Plus Denda Rp 200 Juta”

  1. Pangeran Matahari

    Lanjutkan!!!

Komentar Anda

Radar Kepri Indek