; charset=UTF-8" /> Warga Lingga Minta Tim Gakumdu Turun Tangan Selidiki Dana Desa - | ';
'
'
| | 193 kali dibaca

Warga Lingga Minta Tim Gakumdu Turun Tangan Selidiki Dana Desa

M Jais, Kepala Inspektorat Kabupaten Lingga.

Lingga, Radar Kepri – Tim Penegak hukum Terpadu (Gakumdu) Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri, diminta turun tangan untuk melakukan penyelidikan penggunaan anggaran, Dana Dèsa (DD) tahun 2021-2024 di Kabupaten Lingga.

Pasalnya, Inspektorat seakan tidak bisa diandalkan untuk mengaudit Dana Dèsa yang diduga banyak yang disalahgunakan dan dibelanjakan bukan peruntukannya.

DD yang diduga rawan disalahgunakan salah satunya anggaran ketahanan pangan dan pembangunan. Sehingga menimbulkan tanda tanya oleh mayarakat lingga.

Pertanyaan tersebut wajar timbul ditengah masyarakat karena Milyaran Anggara DD tersebut untuk membangun Daerah di Dèsa, namun seakan lambat perkembangan di Dèsa.

“Kita meminta tim Gakumdu kabupaten lingga melakukan aksi guna menyelidiki Anggaran Dana Dèsa di kabupaten Lingga. Jika hanya Inspektorat kita harapkan untuk mengaudit, tak akan buat efek jera,”kata seorang warga Lingga yang enggan namanya dipublikasi.

Kemudian lanjut sumber, bukan hanya dana desa saja, anggaran di birokrasi juga harus diaudit, contohnya dana Puskesmas di Desa Tanjung kelit, Kecamatan Bakung Serumpun, patut di curigai. Karena selama 4 tahun tak aktif. Sehingga warga setempat kesulitan mendapat pelayanan kesehatan.

“Apa tidak dianggarkan Alat kesehatan (Alkes) setiap tahun. Seperti anggaran perawatan gedung , gaji perawat, kalau dianggarkan, kemana anggaran tersebut,” tanya sumber bersemangat.

Selain itu ada proyek pembagunan bangunan Posyandu di Dèsa Laboh, hanya sekitar 7,5 x 5,5 meter dengan pagu Anggaran Per- unit Rp 124 247 100 menggunakan Anggaran Dana Desa tahun anggaran 2023
Diduga ada penggelembungan anggaran

Terkait Anggaran Dana Dèsa tersebut, kepala Inspektorat Kabupaten Lingga, M Ja’is dikonfirmasi Radar Kepri.com melalui ponselnya terkait sudah berapa kepala Desa dan Dèsa man yang sudah dimintai pertanggungjawabannya. Kepala inspektorat tersebut belum menjawab alias bungkam.

Begitu juga dengan Kasat Reskrim Polres Lingga, AKP Idris dikonfirmasi Radar Kepri.com belum memberikan jawaban. (Aliasar)

Ditulis Oleh Pada Sel 21 Mei 2024. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek