; charset=UTF-8" /> Rumah Singgah Untuk Warga Lingga Dari Bupati - | ';
'
'
| | 104 kali dibaca

Rumah Singgah Untuk Warga Lingga Dari Bupati

Lingga, Radar Kepri-Perhatian Bupati Lingga, M Nizar diberbagai sektor tak diragukan lagi. Sebut saja disektor kesehatan, sejak dilantik sebagai kepala daerah Bupati Lingga telah membuat program rumah singgah pasien (RSP) bagi warganya yang sedang menjalani perawatan di Kota Tanjung Pinang dan Batam.

Dengan begitu, warga Kabupaten Lingga yang sakit tidak perlu bingung mencari penginapan dan kebutuhan penunjang lain saat harus mengantarkan keluarganya berobat. Berkat program tersebut, tentulah warga Kab.Lingga merasa senang, karna program tersebut begitu membatu untuk warga Kab.Lingga yang tidak mampu, dan tentu dengan adanya program itu manfaatnya begitu besar nanti yang akan dirasakan.

Tidak bisa dipungkiri lagi tentu dengan adanya rumah singgah bagi pasen khusus masyarakat Kab. Lingga yang tidak mampu sangat terbantu dengan adanya fasilitas rumah singgah pasien (RSP) yang telah disiapkan pemerintah di Kota Tanjung Pinang dan Batam.

Dengan adanya rumah singgah untuk warga lingga yang tidak mampu, ini benar-benar membantu perekonomian, artinya warga dari lingga kala pegi berobat di Tanjung pinang dan batam dapat terbantu karena tidak terlalu dalam merogohkan saku pribadi, karena kita ketahui biaya penginapan di batam begitu mahal bagi yang tidak mampu.

Kini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) telah menyiapkan rumah singgah di Kota Batam Kepulauan Riau, bagi keluarga pasien yang dirujuk ke Kota Batam, setelah sebelumnya juga menyiapkan rumah singgah di Kota Tanjungpinang, sebagai wujud pelayanan kesehatan bagi warga Lingga yang kurang mampu.

Adapun rumah singgah Kabupaten Lingga di Kota Batam terletak di Pusat Kota Batam, di Perumahan Central Raya Batu Aji, Kelurahan Bukit Tempayan, Kecamatan Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau, rumah rujukan pasien di Kota Batam ini hanya berjarak kurang lebih 150 meter dari RSUD Embung Fatimah.

Pelaksana tugas (Plt) Kadis Kesehatan ngendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Lingga, Recky Sarman Timur ketika di konfirmasi Radar Kepri.com, melalui viatelpon mengatakan, pada tahun 2022 ini kita sudah mengadakan untuk rumah singgah yang ada di batam, tepatnya di dekat rumah sakit umum daerah embung patimah yang ada dibatam.

“Ini kita peruntukan bagi-bagi seluruh warga Kabupaten Lingga, bagi mungkin yang ada dirujuk pasennya di rumah sakit embung patimah batam. Jadi keluarganya pasen yang ada dibatam dapat menggunakan rumah singgah yang telah kita siapkan untuk menunggu pasen yang dirujuk dirumah sakit embung patimah Batam,”ujar plt Kadis Kesehatan Lingga kepada Radar Kepri.com melalui viatelpon, Selasa (29/3).

Menurut Plt Kadis Kesehatan Kab.lingga, Recky Sarman Timur karena ada beberapa pasien kita memang yang selalu dirujuk di Rumah Sakit Embung Patimah Batam, maka dari itu, untuk membantu Masyarakat kita Kabupaten Lingga untuk mengurangi biaya semua itu Pemkab Lingga, sesuai Visi-Misi pak Bupati Lingga dan Wakil Bupati Lingga, Nizar-Neko, jadi kita membantu masyarakat untuk penyediaan rumah singgah yang ada di Batam.

“Untuk rumah singgah di kota Tanjung pinang, Alhamdulillah masih ada, jadi kita ada dua rumah singgah di Tanjungpinang satu, Batam Satu, itu rumah singgah kita kontrak pertahun. itu geratis tidak di pungut biaya bagi warga Kab.lingga yang menggunakan rumah singgah tersebut,”kata Sarman sapaan akrab.

Rumah singgah tersebut diperuntukkan bagi keluarga pasien yang dirujuk ke Kota Batam. Yang mana setelah sebelumnya juga Dinkes Lingga telah menyiapkan rumah singgah di Kota Tanjungpinang, sebagai wujud pelayanan kesehatan bagi warga Lingga yang kurang mampu.

“Dengan begitu,Selama ini tidak hanya di rujuk ke Kota Tanjungpinang saja, namun bisa juga di rujuk ke Kota Batam,” kata sarman. Menurutnya, kota Batam di Kepulauan Riau, merupakan Kota terbesar dengan jumlah rumah sakit yang cukup banyak dan didukung dengan fasilitas kesehatan.

“Sehingga banyak juga warga kita yang tidak dapat ditangani di rumah sakit provinsi sehingga harus di rujuk ke Batam,” ujarnya. Dengan disiapkannya rumah singgah di Kota Batam, diharapkan dapat memberikan peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Lingga yang kurang mampu.

Selama ini menurutnya rumah singgah hanya terletak di Ibukota Provinsi Kepulauan Riau, yaitu di Kota Tanjungpinang, sementara untuk menuju ke Kota Batam membutuhkan penyebrangan laut dan waktu lebih kurang satu jam.

“Ini sebagai wujud visi misi Bupati dan Wakil Bupati Lingga untuk memaksimalkan pelyanan kesehatan bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Lingga, sehingga dapat mengirit biaya jika berobat ke Batam,” ujarnya.

Dan Sejauh ini kita hanya melakukan penyediaan penganggaran rumah singgah dulu, dan terkait biaya makan minum dan transportasi, itu kita belum menyediakan.”Tidak menutup kemungkinan juga jika memungkikan melalui proses aturan itu bisa juga kita sediakan untuk biaya transportasi dan makan minum. Tapi hari ini kita cuma menganggarkan penyediaan Rumah Singgah dulu,”pungkas Recky Sarman Timur.

Untuk lokasi rumah singgah Kabupaten Lingga di Batam terletak di Pusat Kota Batam, di Perumahan Central Raya Batu Aji, Kelurahan Bukit Tempayan, Kecamatan Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau.
“Rumah rujukan pasien di Kota Batam ini hanya berjarak kurang lebih 150 meter dari RSUD Embung Fatimah,”lanjutnya.

Sementara itu Sekertariat Daerah (Sekda) Lingga, Sam Sudi mengatakan, ini merupakan langkah pemerintah daerah atas keprhatian kepada masyarakat, artinya pemerintah tidak ingin duduk pakum terdiam, segala hal di segi kesehatan harus kita proritaskan.

“Mudah-mudahan dengan adanya disediakan rumah singgah di batam, bila ada warga pasien lingga di rujuk, warga yang menunggu disana bisa terbantu,”ungkap Sekda.

Menyikapi hal itu seakan-akan Mimpi Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Lingga dan Wakil Bupati Lingga seakan hampir tercapai, pasalnya Nizar berharap kedepan, sektor kesehatan di Kabupaten Lingga dapat tumbuh lebih baik dalam memberikan pelayanan yang meliputi fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan.

Nizar pernah mengatakan jika pemerintah daerah telah mempersiapkan peningkatan fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal untuk masyarkat Kabupaten Lingga.

Dan orang nomor satu di Kab.lingga, Nizar pernah berharap dan mengajak untuk dapat bersama-sama memberikan dorongan dan berkeinginan untuk memajukan Kabupaten Lingga menjadi lebih baik dimasa yang akan datang dengan segala sektor.
salah satunya puskesmas yang ada di Kecamatan Wilayah Kab.lingga sudah banyak dibenah baik itu dari segi gedung maupun pasilitas kendraan puskesmas.

Bupati juga meminta dukungan dari semua pihak, baik dari unsur pemerintah kabupaten, kecamatan sampai pada tingkat desa agar masyarakat dapat merasa terlayani dengan baik.

Melalui catatan Radar Kepri.com Bupati Lingga, M Nizar seakan tahu akan keadaan Warganya yang kurang mampu sehingga, Bupati Lingga dan Wakil Bupati Lingga, menyediakan Rumah singgah di Tanjungpinang maupun di Batam, karena bagi warga lingga yang tidak mampu tentu akan terbeban, dengan adanya rumah singgah tentu akan sedikit menghemat biaya. Dengan adanya rumah singga tersebut, tentulah ini merupakan salah satu solusi pelayanan Pemerintah Kabupaten Lingga kepada masyarakatnya. (Hendra)

Ditulis Oleh Pada Sel 29 Mar 2022. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek