; charset=UTF-8" /> Rakernas IV APDESI Hasilkan Sejumlah Rekomendasi - | ';

| | 607 kali dibaca

Rakernas IV APDESI Hasilkan Sejumlah Rekomendasi

Jakarta, Radar Kepri-Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPP APDESI) gelar Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) berlangsung tanggal, 26-29 November 2020, di Jakarta.

Rakernas dihadiri oleh Sekretaris jenderal kementerian Desa PDT dan Transmigrasi Taufik Madjid, Dirjen Bina wilayah Kemendagri atas nama Mendagri, Komisi V DPR RI dan beberapa pejabat kementerian dan lembaga lainnya.

Ketua umum DPP APDESI Dr. H Sindawa Tarang, SH.MM MH, pada RadarKepri mengatakan bahwa Rakernas kali ini telah melahirkan beberapa keputusan. Antara lain, mendesak kementerian dalam negeri untuk segera melakukan revisi terhadap Permendagri No.112 tahun 2014 dalam rangka menyambut Pilkades serentak dalam situasi Pandemi Covid-19.

“Setelah Pilkada serentak yang pelaksanaannya pada tahun 2021 oleh 89 kabupaten dan 8.996 Desa diseluruh Indonesia, menekankan hal hal sebagai berikut. Pentingnya pengaturan tentang penerapan protokoler kesehatan untuk mencegah timbulnya klaster baru penularan Covid-19, termasuk sanksi bagi yang mengabaikan protokoler kesehatan,” tutur Bung ST, panggilan akrab Sindawa Tarang

Masih Bung ST, Hal lain yang penting adalah proses pencalonan sampai pelantikan agar diatur dengan tegas dan tidak menimbulkan multi tafsir terkait pasal-pasal dan ayat-ayat yang ada dipermendagri yang baru. Misalnya, pasal tentang penetapan jumlah calon kepala Desa paling banyak 5 calon. Selama Ini banyak diakal-akalin oleh elit didaerah untuk menggugurkan bakal calon yang tidak diinginkan oleh elit tersebut. Padahal calon tersebut memiliki kompetensi yang sangat bagus untuk memimpin desa. Oleh karena itu, kedepan seorang bakal calon harusnya dicalonkan secara tertulis, paling sedikit 20% dari jumlah pemilih desa setempat. Dengan demikian, ketentuan maksimum 5 orang calon dapat terpenuhi secara alamiah dan demokratis.

“Hal lain yang direkomendasikan oleh Rakernas kepada pemerintah adalah penyediaan anggaran rumah tangga bagi Kades, jaminan kesehatan bagi Kades dan perangkat Desa serta keluarganya, begitu pula adanya dana purnah Bhakti setiap periode. Rakernas Juga memutuskan beberapa alternatif tempat pelaksanaan Munas ke IV APDESI pada bulan Juni tahun 2021, antara lain Bandung, Jambi, Samarang, Samarinda dan Jakarta,” harap Bung ST.

Sementara itu, OC Rakernas Irwan Prasetyo Nugroho mengatakan bahwa ada beberapa kandidat Kuat calon Ketua umum DPP APDESI yang akan meneruskan kepemimpinan bung ST, antara lain, Agung Heri Susanto dari Jawa tengah saat ini sebagai sekjen DPP APDESI, Enjoy Rezky dari Jawa Barat saat ini Salah satu ketua DPP APDESI, Syamsul Fuad dari Jambi saat Ketua DPD APDESIJambi dan Surta Wijaya dari Propinsi Banten saat ini Ketua DPD APDESI Banten.

Irwan juga menyampaikan bahwa Bung ST sendiri tidak bersedia lagi maju dan memang sudah dua periode. Munas ke IV yang akan datang dipastikan ramai dan panas Karena pasti diikuti beberapa kandidat. Beda dengan Munas ke II di Asrama Haji Pondok Gede dan Munas ke III di Solo Jawa Tengah, yang sejak awal diperkirakan Bung ST melenggang dengan mulus.

Salah satu inisiator/pendiri APDESI Edy Santoso dari Probolinggo Jawa Timur mengatakan bahwa mencari pemimpin Ketua umum DPP APDESI seperti bung ST tidak mudah, ini pekerjaan rumah yang berat bagi pengurus APDESI dalam menentukan sikap dan pilihan.(red)

Ditulis Oleh Pada Sab 28 Nov 2020. Kategory Nasional, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek