'
| | 1.258 kali dibaca

PHBI Singkep Gelar Lomba Takbir Keliling

Komunitas Jip yang juga ikut meramaikan pawai takbir keliling untuk memeriahkan Idul Fitri 1434 Hijjriyah.=

Komunitas Jip yang juga ikut meramaikan pawai takbir keliling untuk memeriahkan Idul Fitri 1434 Hijjriyah.

Dabosingkep, Radar Kepri- Dalam rangka menyemarakkan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1434 H. Panitia Hari-hari Besar Islam  (PHBI) Kecamatan Singkep kembali menggelar pawai takbir keliling, Rabu (07/08) malam. Pawai takbir di ikuti oleh perwakilan dari sejumlah masjid dan mushola yang ada di kecamatan Singkep.

Pawai takbir keliling yang dilepas langsung oleh Camat Singkep, H.Kisan Jaya, dengan rute seputaran kota Dabo di mulai dari Lapangan Merdeka Dabosingkep, di ikuti ratusan kendraan roda empat dan ribuan kenderaan roda dua.
Kapolres Lingga, AKBP Puji Santosa SH, mengimbau kepada peserta takbir agar lebih mengutamakan keselamatan serta keamanan. Pada saat berjalan ber-iringan juga diharapkan bagi mereka yang menggunakan kendaraan roda dua agar tertib dalam mengendarta dan tidak ugal-ugalan.”Hal ini demi kelamatan kita bersama dalam suasan menyambut lebaran, dan juga tidak mengganggu pengendara lain.”sebut Kapolres.

Semenatara itu, Camat Singkep, H.Kisan Jaya dalam sambutannya, takbir adalah bentuk rasa syukur setelah satu bulan penuh berpuasa. Memasuki Syawal merupakan hari kemenangan setelah satu bulan menahan segala nafsu dan godaan. Rasa syukur tersebut diungkapkan dengan mengumandangkan takbir dan tahmid secara bersama-sama.”Takbiran adalah hal penting guna menjalin silaturrahmi dan untuk menjaga kebersamaan sesama warga. Baik itu yang baru pulang maupun yang menetap di Dabo.”paparnya.
Dikonfirmasi terpisah Ketua PHBI kecamatan Singkep, H.Alghuzamid, menyampaikan, pawai takbir keliling memang agenda rutin PHBI yang setiap tahunnya dilaksanakan. Pada acara pawai takbir keliling ini tiap tahunnya pesertanya terus mengalami peningkatan. Selain melombakan pawai takbir, juga dilombakan gerbang likuran, hanya saja untuk gerbang likuran ini diselenggarakan oleh dinas pariwisata Kabupaten Lingga.”Tentu saja dalam pelaksanaannya PHBI melakukan kerjasama dengan berbagai pihak. Terutama dengan pihak Polres Lingga, hal ini untuk keamanan bersama, baik itu perserta takbir mau-pun penonton.”terangnya.

Pemenang pawai takbir keliling 1 syawal 1434 Hijjriyah, 1 Mesjid At Taqwa dari Kampung Boyan, pemenang ke- 2, Pramuka Kwaran Singkep dan pemenang ke- 3 Mesjid Shirajul Huda dari Kampung Telek.

Pemenang Gerbang Likura, untuk juara 1 diraih Kampung Mentok, sedang juara 2 dari  Kampung Boyan dan juara 3 dari Kebun Nyiur kemudian juara 4 dari Simpang Tiga SMK Negeri di ikuti juara 5 dari Kampung Boyan Dalam.(puspandito)

Ditulis Oleh Pada Sel 13 Agu 2013. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda