; charset=UTF-8" /> Pembentukan UKS Untuk Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat - | ';
'
'
| | 1,091 kali dibaca

Pembentukan UKS Untuk Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

Pembentukan foruk komunikas Usaha Kesehatan Sekolah di Lingga untuk meningkatkan derajar kesehatan warga.

Pembentukan forum komunikasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Lingga untuk meningkatkan derajar kesehatan warga. (foto by muslim tambunan, radarkepri.com)

Lingga, Radar Kepri-Pengurus forum komunikasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dibentuk oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga di adakan di Hotel Prima Inn, Dabo Singkep, Jumat (05/07). Hadir sebagai, pembicara Kabid Promkes Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga, Mas’ah yang menerima masukan dari semua peserta rapat. Masukan berguna untuk membentuk sturuktur kepengurusan. Yang terdiri beberapa nama pejabat Lingga dalam mengisi posisi ketua, wakil ketua dan sekretaris sekaligus kepala bagian.

Tujuan dari forum komunikasi UKS ini, mewujudkan masyarakat adil dan makmur, baik dalam pembangunan nasional, peningkatan kualitas sumber daya manusia. Tujuan pembanguan di bidang kesehatan adalah terwujudnya derajat kesehatan masyarakat yang optimal, sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum dari tujuan nasional.
Derajat kesehatan menggambarkan dirinya dan lingkungannya  menjadi sehat, terpadu lintas program dan sektor dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan serta membentuk perilaku hidup sehat anak usia sekolah yang berada di Sekolah dan di perguruan Agama.
Usaha kesehatan sekolah (UKS) merupakan bagian dari program kesehatan anak usia sekolah. Anak usia sekolah adalah anak yang berusia 6-21 tahun, yang sesuai dengan proses tumbuh kembangnya. Di bagi menjadi 2 sub kelompok, yakni pra remaja (6-9 tahun) dan remaja 10-9 tahun.
UKS adalah tempat pemeriksaan kesehatan umum, tempat kesehatan gigi dan mulut siswa SD dan setingkat melalui penyaringan kesehatan terhadap murid sekolah dasar. Yang di laksanakan oleh tenaga kesehatan bersama dengan guru UKS terlatih dan dokter kecil secara berjenjang. Penyaringan awal oleh guru dan dokter kecil, penyaringan lanjutan oleh tenaga kesehatan.
Tujuan umum, meningkatkan kemampuan hidup bersih dan sehat, serta derajat kesehatan siswa dan menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal.
Tujuan khusus, memupuk kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat dan meningkatkan derajat kesehatan siswa yang mencakup. Memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup bersih dan sehat serta berpartisipasi aktif di dalam usaha peningkatan kesehatan di sekolah, di rumah tangga maupun di lingkungan masyarakat.
Sehat baik dalam arti fisik, mental maupun social Memiliki daya hayat dan daya tangkal terhadap pengaruh buruk, penyalahgunaan narkotika, obat dan bahan berbahaya, alcohol, rokok dan sebagainya.
Sasaran Pelayanan Kesehatan adalah peserta didik di sekolah dasar sampai dengan sekolah menengah termasuk perguruan Agama dan lingkungannya. Sasaran pembinaan Pelaksanaan kesehatan sekolah, Lingkungan khususnya lingkungan fisik, sekolah dan lingkungan rumah tangga.

Ruang Lingkup meliputi Tri Program UKS (Trias UKS) yaitu, Pendidikan kesehatan (kegiatan intra dan extrakurikuler). Pelayanan kesehatan (promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif) dan pembinaan Lingkungan Kehidupan Sekolah Sehat (melalui kegiatan bina lingkungan fisik dan kegiatan bina lingkungan mental sosial sehingga tercipta suasana dan hubungan kekeluargaan yang akrab erat antar sesame warga sekolah)
Sifat dan Bentuk Kegiatan, Penyuluhan pembinaan sarana keteladanan di sekolah penyuluhan dan pembinaan kebersihan perorangan peserta didik. Mengembangkan kemampuan peserta didik melalui kegiatan “Dokter Kecil” dengan fokus pelatihan pada keterampilan mengamati dan memelihara kebersihan perorangan dan lingkungan.(muslim tambunan)

Ditulis Oleh Pada Sab 06 Jul 2013. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek