| | 132 kali dibaca

Kreatif, Mahasiswa STIE Pembangunan Motivasi Warga Desa Tingkat Penghasilan Tambahan

Bintan, Radar Kepri-Mahasiswa KKN STIE pembangunan Tanjung Pinang menggelar seminar dan pelatihan guna memotivasi warga desa mantang besar untuk berwira usaha melalui pemanfaatan barang bekas.

Menurut dosen Pembimbing Lapangan Evita Sandra S.Pd.Ek,MM kegiatan ini dapat bermanfaat guna meningkatkan ekonomi keluarga karena bahan-bahan yang dibutuhkan adalah bahan bekas yang banyak dijumpai di desa Mantang Besar.

Melalui pelatihan ini warga desa diajarkan membuat keset kaki dari kawat bekas dan kain perca dimana tidak membutuhan modal yang besar namun dapat memiliki nilai ekonomis, karena hampir setiap rumah pasti membutuhkan keset kaki. Melalui seminar dan pelatihan ini mahasiswa juga memberikan buku yang berisikan berbagai macam keterampilan tangan dari bahan bekas serta resep berbagai macam olahan makanan utuk jajanan sebagai alternative lain yang dapat dilakukan warga mantang guna berwirausaha.

Untuk menunjang kegiatan berwirausaha mahasiswa juga melaksankan kegiatan tentang pengemasan dan labeling, pemasaran berbasis online dan cara pembukuan sederhana kepada masyarakat desa mantang besar.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25-27 Oktober 2019. Kegiatan yang dilakukan juga sangat mendapat dukungan dari ibu Ketua PKK desa mantang besar yaitu Ibu Lina yang merupakan Ibu kepala desa Mantang besar terbukti semua kegiatan selalu dihadiri beliau. Dukungan penuh juga didapatkan dari Bapak Saipul Selaku kepala Desa Mantang besar dan seluruh masyarakat mantang besar sehingga seluruh kegiatan yang lakukan dapat berjalan dengan lancar.

Dengan pelaksanaan KKN, Pembelajaran dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat ( P2EM) diharapkan Mahasiswa dapat meningkatkan empati,dan kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat dan dapat menerapkan ilmu pengetahuan . Selain dari itu dengan adanya kegiatan KKN ini melalui beberapa programnya diharapkan dapat meningkatkan dan memajukan perekonomian masyarakat desa mantang besar.

Catatan :Penulis adalah Dosen Pembimbing Lapangan Evita Sandra S.Pd.Ek,MM.

Ditulis Oleh Pada Sel 29 Okt 2019. Kategory Bintan, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek