'
| | 744 kali dibaca

Khazalik Buka Perkemahan Puteri

Wakil Bupati Bintan, Drs H Khazalik ketikam membuka secara resmi Perkemahan Wanita Pramuka Kwartir Bintan. Senin (20/02)

Wakil Bupati Bintan, Drs H Khazalik ketikam membuka secara resmi Perkemahan Wanita Pramuka Kwartir Bintan. Senin (20/02)

Bintan, Radar Kepri-Kwartir Pramuka Cabang Bintan menggelar perkemahan puteri dalam rangka memperkuat eksistensi gerakan Pramuka, khususnya Pramuka Penggalang dan Pramuka Penegak Putri. Ini dilakukan seiring dengan dinamika organisasi Pramuka yang mengedepankan prinsip kesetaraan gender dalam bakti dan karya di kehidupan bermasyarakat.

Kegiatan yang bertema “Dengan Perkemahan Puteri, Mari Kita Tumbuhkan Kecintaan pada Tanah Air, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Indonesia yang Bertaqwa, Berjiwa Kekeluargaan, Persaudaraan, Pengetahuan, Pengalaman dan Keterampinan” ini dilaksanakan selama 4 hari bertempat mulai Senin (20/04) di Lapangan Bola, Kecamatan Toapaya.

Ketua pelaksana, Dewi Santi, S.Pd mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan selain meningkatkan peran serta Pramuka Putri juga meningkatkan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air, juga untuk pengembangan intelektualitas para peserta.”Kegiatan ini untuk memberikan kesempatan kepada peserta untuk turut serta dalam pembinaan dan pengembangan Pramuka puteri, mempererat rasa persatuan dan persaudaraan sesama anggota puteri dan membangkitkan semangat berlatih dalam upaya pengembangan intelektual dan keterampilan bagi Pramuka Puteri,”ucap Dewi dalam laporannya.

Peserta kegiatan ini terdiri dari 9 Kwartir Ranting di Kwartir Cabang Bintan kecuali Tambelan dengan total peserta 302 orang yang terdiri dari 209 orang Pramuka Penggalang dan 93 orang Pramuka Penegak. Serta 42 orang Pembina Pendamping.

Kegiatan perkemahan Pramuka Puteri ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Bintan, Drs. H. Khazalik yang juga dihadiri oleh Kepala Kemenag Kabupaten Bintan, Aprizal, Perwakilan Polres Bintan, Beberapa FKPD Kabupaten Bintan dan para Pembina Pramuka Kwartir Cabang Bintan.

Khazalik mengatakan bahwa kegiatan kepramukaan yang merupakan pendidikan non formal memiliki peran yang sangat penting dan berkontribusi besar pada pendidikan formal. Tugas Gerakan Pramuka adalah mendidik kaum muda Indonesia agar berwatak dan berkepribadian luhur serta memiliki jiwa bela negara yang handal.”Gerakan Pramuka berperan sebagai komplemen dan suplemen terhadap pendidikan formal untuk melahirkan generasi yang bertanggung jawab pada masa depan,” kata Khazalik dalam sambutannya.

Penyelenggaraan perkemahan puteri tingkat kwartir cabang Bintan tahun 2015 ini merupakan bagian dari pendidikan untuk memberikan peran dan peluang yang lebih besar kepada para pramuka puteri untuk melakukan pembinaan dan memantapkan keterampilan mereka dan sekaligus untuk menciptakan kemandirian pramuka puteri.

Khazalik berharap, kegiatan perkemahan ini mampu memberikan sesuatu yang berarti bagi pramuka putri sehingga kegiatan ini harus dilaksanakan dengan baik.”Hal yang harus disikapi bersama adalah bagaimana menjadikan wadah perkemahan ini memberikan makna yang mendalam bagi adik-adik pramuka kita.”tegas Khazalik.(hum/red)

Ditulis Oleh Pada Sel 21 Apr 2015. Kategory Bintan, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda