| | 141 kali dibaca

Batik Khas Natuna Dipatenkan, Hamid Terbitkan SE Pemakaiannya Pada Seluruh ASN

Natuna,Radar Kepri-Secara resmi Pekan Exspo Pariwisata Natuna Tahun 2019 yang disejalankan Hari Jadi Kabupaten Natuna yang ke-20 ditutup oleh Bupati Natuna Drs.H.Abdul Hamid Rizal, M.Si Sabtu,(12/10) di Lapangan Bola kaki Sri Serindit lama Kelurahan Ranai Kota Kecamatan Bunguran Timur.

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Natuna, juga menetapkan salah satu motif kain batik yang dipantenkan menjadi batik khas dari Pulau Natuna.

Penetapan batik itu melalui kontes karya batik anak daerah, yang digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Natuna pada malam penutupan Pekan Expo Natuna Tahun 2019. yang bertepatan dengan HUT ke-20 Kabupaten Natuna pada Sabtu (12/10) malam ini.

corak batik yang dipatenkan bermotif putik buah cengkeh yang dipadukan dengan daun bambu berwana putih, dengan tambahan warna merah muda di bagian corak batang bambunya, untuk dasar kainnya berwarna biru laut.

Penerapan motif batik berdasarkan
26 motif batik karya anak daerah ikut diperlombakan, berdasarkan penilaian dewan juri hanya satu peserta peraga nomor 5 berhasil mendapatkan suara terbanyak, dengan perolehan 11 suara dari audien. Acara tersebut disaksikan oleh Bupati,Wakil Bupati dan Ketua DPRD Serta Pimpinan FKPD, OPD dan ribuan masyarakat Natuna yang hadir malam itu.

Terkait dipatenkanya Batik khas daerah tersebut, sekaligus mempromosikan khas Natuna. Bupati Hamid Rizal, berjanji akan segera mengeluarkan surat edaran tentang pemakaian kain motif batik khas Natuna kepada seluruh ASN dilingkungan Pemkab Natuna.

Terkait motif batik tersebut dikatakan Hamid, “Bahwa cengkeh dan batang bambu merupakan salah satu ciri khas daerah yang berpenduduk sekitar 74 ribu jiwa tersebut. Sementara warna biru muda sendiri melambangkan warna laut Natuna yang jernih dan alami. Ditambah luas wilayah Natuna yang terdiri dari 99,25 persen yang merupakan lautan. Sehingga bukan tanpa alasan, jika para audien memilih motif tersebut sebagai kain batik khas Natuna.”Terang Hamid. (Herman)

Ditulis Oleh Pada Ming 13 Okt 2019. Kategory Natuna, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek