; charset=UTF-8" /> Apakah Organisasi Butuh Pemimpin  - | ';

| | 364 kali dibaca

Apakah Organisasi Butuh Pemimpin 

Oleh : Raja Ummi Tartila Angraini.

Kepemimpinan itu adalah proses yang memberikan contoh terbaik kepada pengikutnya dalam lingkup organisasi atau lingkungan kerja. Dalam suatu organisasi di Universitas banyak sekali kita bisa mengikutinya agar bisa menjadikan diri kita menjadi pemimpin. Misal disuatu Fakultas adanya BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) dimana organisasi tersebut didirikan agar bisa mengabdi, memberikan contoh, memberi pembinaan kepada semua mahasiswa semua jurusan di Fakultas. Kemudian kita perkecil lingkup organisasi tingkat jurusan yaitu Himpunan Mahasiswa, dimana organisasi tersebut sama halnya BEM cuman fungsinya ditingkat jurusan saja. Begitupun di lingkungan kerja dimana adanya beberapa Departemen dan biasanya setiap Departement dikepalai Oleh Kepala Departemen. Diatas kepala Departemen ada Maneger, dan kemudian disusul oleh Direktur. Begitu lah lingkup dari kepemimpinan dimana disetiap penjelasan baik itu lingkup Universitas maupun lingkungan kerja memiliki definisi yang sama yaitu memimpin pengikutnya atau bawahannya.
Ciri-ciri seorang pemimpin kebanyakan orang masih cenderung mengatakan bahwa pemimpin yang efektif memiliki ciri-ciri tertentu yan ada didalam diri masing-masing misalnya kharisma, pandangan ke depan, daya persuasi, dan intensitas. Lebih detailnya ciri-ciri pemimpin yang mempunyai karakter sebagai berikut :
1. Jujur terhadap diri sendiri dan orang lain. Jujur dengan kekuatan diri dan kelemahan dan usahauntuk memperbaikinya.
2. Pemimipin harusnya berempati terhadap bawahannya secara tulus.
3. Memiliki rasa ingin tahu dan dapat didekati sehingga orang lain merasa aman dalammenyampaikan umpan balik dan gagasan-gagasan baru secara jujur, lugas dan penuh rasa hormatkepada pemimpinnya.
4. Bersikap transparan dan mampu menghormati pesaing dan belajar dari mereka dalam situasikepemimpinan ataupun kondisi bisnis pada umumnya.
5. Memiliki kecerdasan, cermat dan tangguh sehingga mampu bekerja secara professional keilmuandalam jabatannya.
6. Memiliki rasa kehormatan diri dan berdisiplin pribadi, sehingga mampu dan mempunyai rasatanggungjawab pribadi atas perilaku pribadinya.
7. Memiliki kemampuan berkomunikasi, semangat ” team work “, kreatif, percaya diri, inovatif dan mobilitas
Begitulah ciri-ciri orang yang mempunyai karakter pemimpin. Tak semua orang mempunyai karakter seperti itu kalau tidak mempunyai pengalaman di Organiasi. Pemimpin bisa aja laki-laki maupun perempuan di lingkup organisasi ataupun lingkungan kerja, namun lebih baiknya laki-laki karena laki-laki dari lahir sudah mempunyai jiwa kepemimpinan mutlak dari Allah SWT. Setiap pemimpin baik itu laki-laki maupun perempuan mempunyai jenis dan macam gaya kepemimpinannya. Terus bagaimana jenis dan macam gaya kepemimpinannya ?????
Sok, ayo kita bahas lagi !!!! Jenis dan Gaya Kepemimpinan dari seorang Pemimpin sebagai berikut :
1. Gaya Kepemimpinan Otoriter / Authoritarian Adalah gaya pemimpin yang memusatkan segalakeputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara penuh. Segala pembagian tugas dantanggung jawab dipegang oleh si pemimpin yang otoriter tersebut, sedangkan para bawahan hanyamelaksanakan tugas yang telah diberikan.
2. Gaya Kepemimpinan Demokratis / DemocraticGaya kepemimpinan demokratis adalah gaya pemimpin yang memberikan wewenang secara luaskepada para bawahan.
Sekarang sudah paham kan apa itu kepemimpinan ? dan apakah pemimpin itu dibutuhkan di suatu organisasi ? jawabannya sangat dibutuhkan sekali pemimpin karena suatu organisasi jika tidak ada pemimpin tidak akan mungkin jalan, ibarat kapal tanpa air tidak akan bisa melaju. Begitulah istilah organisasi, tidak akan jalan jika tidak ada pemimpin. Pemimpin merupakan daya pikir utama di suatu organisasi, berani bertanggung jawab, dan rela membela demi organisasi dan bawahnnya. Maka dari itu suatu organisasi sangat butuh pemimpin agar program kerja dari organisasi tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Catatan : Penulis adalah mahasiswi STIE Pembangunan Tanjungpinang, jurusan manajemen semester V.

Ditulis Oleh Pada Ming 27 Okt 2019. Kategory Cerpen/Opini, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek