; charset=UTF-8" /> Amankan Pilpres, Polres Lingga Gelar Simulasi Simpamkota - | ';
'
'
| | 1,159 kali dibaca

Amankan Pilpres, Polres Lingga Gelar Simulasi Simpamkota

Latihan Simulasi pengamanan Pilpres di Mapolres Lingga

Latihan Simulasi pengamanan Pilpres di Mapolres Lingga.

Lingga, Radar Kepri-Jajaran Polres Lingga menggelar latihan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka pengamanan Pemilu Presiden (Pilpres) nanti. Simulasi dan gelar pasukan dilakukan untuk melihat kembali kesiapan anggota kepolisian dalam mengamankan Pilpres setelah pengamanan pemilihan anggota legislatif pada Mei, lalu.
Dalam simulasi ini didiskripsikan terjadi kerusuhan saat tahapan Kampanye Pilpres. Sekolmpok massa yang diperankan oleh puluhan masyarakat dan aparat kepolisian mendatangi Mapolres Lingga untuk mempertanyakan penanganan kasus penikaman yang dilakukan pendukung lawan politiknya. Negosiasi awal yang dilakukan pihak kepolisian tidak mampu meredam ratusan massa yang mulai bertindak anarkis.
Sesuai dengan standar prosedur pengamanan, pihak kepolisian lalu menurunkan pasukan Pengendalian Masyarakat (Dalmas) untuk membubarkan kerumunan massa yang tidak terkontrol. Aksi pembakaran ban, dorong-mendorong dan lemparan massa diredam dengan penembakan gas air mata. Beberapa saat kemudian, aksi massa dapat diredam dan pihak kepolisian menyisir daerah yang dicurigai masih ada gerombolan massa yang akan melakukan aksi susulan.
Kepala Polres Lingga Ajun Komisaris Besar Polisi Puji Santosa yang menyaksikan simulasi dari podium bersama tamu undangan lainnya terlihat puas dengan kesiapan personil Dalmas dalam mengendalikan kerusuhan yang terjadi.”Simulasi ini dilakukan untuk melihat kembali kesiapan personel menghadapi kerusahaan saat Pilpres nanti,” kata Puji  usai simulasi, Jumat (30/05).

Sesuai dengan amanat Kepala Polri Jenderal Sutarman, operasi Mantap Brata dalam pengamanan Pilpres dilakukan di seluruh wilayah Indonesia. Apel konsolidasi dilakukan untuk mengecek kembali kesiapan Polri dalam mensukseskan Pilpres.”Dalam melakukan pengamanan Pilpres, pihak kepolisian bekerjasama dengan penyelenggara Pemilu secara sinergis.”ujarnya.
Puji menyebutkan, pihaknya akan berupaya untuk mencegah terjadinya kerusuhan dengan berupaya mengurangi potensi kerawanan secara profesional.”Kita semua berharap Pilpres nanti dapat berjalan dengan sukses dan lancar di Kabupaten Lingga.”ucap Puji.
Apel ini dihadiri pejabat KPU Lingga, Panwaslu, jajaran TNI AL, TNI AD, dan instansi pemerintah lainnya.(muslim tambunan)

Ditulis Oleh Pada Sen 02 Jun 2014. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek