| | 674 kali dibaca

Ada Pungli di SMKN 03 Sei Beduk

Foto bersama siswa dan guru SMKN 03 Batam

Foto bersama guru SMKN 03 Batam.

Batam, Radar Kepri-Sekolah SMKN 03 di Kecamatan Sei Beduk, Batam diduga lakukan pungutan liar (pungli) kepada siswa kelas II yang akan melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Dugaan pungli ini diungkapkan Hery seorang warga Sei Beduk.”Saya mendengar keluhan dari orang tua siswa. Bahwa orang tua siswa SMKN 3 yang mengikuti PKL dipunguti uang sebesar Rp 400 ribu, per-siswa.”kata Hery di Muka Kuning, Panbil Mall, Kamis (14/11).

Menurut Hery.”Tentu hal ini sangat mencengangkan kita semua, kalau siswa yang hendak mengikuti PKL diminta uang oleh sekolah, dengan alasan untuk mendapatkan sertifikat dan untuk honor guru.”katanya,

Sementara, lanju Hery, urusan PKL bagi siswa biasanya bukan di sekolah tetapi ditempat sesuai jurusan yang diambil disekolah. Misalnya.”Kalau mereka mangambil jurusan industry. Tentunya mereka akan melakukan PKL di perusahaan industry. Biasanya mereka itu diberi gaji (honor) oleh perusaan tersebut, sekaligus memberi nilai. Nukan sekolah, ini yang biasa kita lihat dan kita dengar, dan kita waktu sekolah seperti itu.”ungkapnya.

Masih dia.”Kita mencurigai, uang yang dipungut oleh pihak sekolah tersebut tidak lebih dari akal-akalan yang di lakukan oleh oknum-oknum pihak sekolah untuk meraup keuntungan memperkaya diri. Kita berharap pada pihak pengawas sekolah untuk menindak oknum-oknum nakal tersebut. Karena hal ini tentu sangat memberatkan orang tua siswa sekolah tersebut.”Ujarnya.

Lebih lanjut Hery menambahkan.”Katakanlah, kalau memang orang tua mengatakan didepan gurunya tidak merasa keberatan atas pemberian uang tersebut. Itu hanya didepan guru sekolah saja, karena takut nanti anaknya dikerjain oleh oknum guru sekolah tersebut. Karena yang terjadi selama ini, seperti dibilang pembangkang terhadap sekolah. Jadi mau tidak mau, orang tua siswa pasrah dan hal ini harus ditindak lanjuti oleh pihak pengawasan sekolah, karena para guru itukan sudah di gaji.”jelasnya.

Sementara itu kepala sekolah SMKN 03 Sei Beduk, Batam, Indra Wijaya dikonfirmasi awak media ini melalui SMS via handphone selulernya terkait informasi diatas, sampai berita ini diturunkan belum ada jawaban.(taherman)

Ditulis Oleh Pada Jum 15 Nov 2013. Kategory Batam, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek