' '
| | 1.988 kali dibaca

11 Tahun Provinsi Kepulauan Riau, PDRB Peringkat 4 se-Indonesia

Walikota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah SH ketika menjadi pemibina upacara sampena hari jadi Provinsi Kepri di halaman Pemko Tanjungpinang, Selasa 24 September 2013.==

Walikota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah SH ketika menjadi pemibina upacara sampena hari jadi Provinsi Kepri di halaman Pemko Tanjungpinang, Selasa 24 September 2013.

Tanjungpinang, Radar Kepri-Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH, Selasa (24/09) menjadi pembina Upacara pada peringatan hari jadi Provinsi Kepulauan Riau ke-11 di halaman kantor Walikota. Hari jadi Provinsi Kepri ke 11 dihadiri oleh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta seluruh Aparatur Kota Tanjungpinang.

Sambutan Gubernur Kepulauan Riau dibacakan langsung oleh Lis, dalam sambutannya Lis menyampaikan, keberadaan Provinsi Kepri yang telah diperjuangkan bersama-sama. Di samping memperpendek rentang kendali Pemerintahan. Juga sangat penting sekali dipahami adalah untuk menciptakan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Kepri secara adil dan demokrasi. Dalam rentang 11 tahun, sejak berdirinya Provinsi Kepri. Telah banyak kemajuan pembangunan yang sudah dicapai. Di antaranya Pertumbuhan Ekonomi yang berada diatas pertumbuhan ekonomi naional selama periode 2004-2012, rata-rata 6,8 %. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) juga menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan. PDRB per-kapita secara nasional, Provinsi Kepri berada pada peringkat keempat terbesar setelah Kalimantan Timur, DKI Jakarta dan Riau.

Tingkat pengangguran juga mengalami penurunan, tingkat inflasi telah menghasilkan indek harga konsumen relatif rendah. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2010 berada pada peringkat ke-6 dari 33 provinsi di Indonesia.” Angka Partisipasi Sekolah (APS) pada tahun 2012 SD 99,68% SLTP 108,2 % dan SLTA 64,04%, Penduduk Miskin di Provinsi Kepulauan Riau adalah sebanyak 219.005 orang atau sebesar 12,99% artinya hal ini menunjukkan penurunan juga.”Terang Lis.

Adapun tujuan peringatan hari jadi Provinsi Kepri ke-11 ini.”Untuk mengenang kembali nilai-nilai sejarah perjuangan masyarakat Kepri. Memaksimalkan Pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam, mendorong keinginan untuk melaksanakan pembangunan dan pembaharuan disegala bidang berdasarkan karakteristik wilayah Provinsi Kepri dengan dukungan seluruh komponen masyarakat dan aparatur.”Ujar Lis.

Dalam kesempatan tersebut Lis Juga menghimbau.”Selama ini kinerja aparatur sudah cukup baik dalam memberikan pelayanan. Oleh sebab itu, janganlah kita merusak kinerja aparatur dengan menunjukkan nilai norma yang kurang baik oleh oknum individu. Bersikap arif dan bijak dalam menjaga amanah yang diberikan.”pesan Lis.(hum/red)

Ditulis Oleh Pada Sel 24 Sep 2013. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek