'
| | 1.591 kali dibaca

Waspada, Tidak Semua Air Isi Ulang Steril

dr Luti

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga, dr Ignasius Luti MPH

Lingga, Radar Kepri-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lingga himbau masyarakat berhati-hati untuk mengkonsumsi air minum isi ulang. Berdasarkan pantaun yang dilakukan Dinkes, banyak ditemukan pengelola air minum isi ulang di Kabupaten Lingga yang tidak memperhatikan keberhasihan produksi air minum untuk konsumsi masyarakat.

Menurut Kasi Penyehatan Lingkungan Dinkes Lingga, Sri Dewi.”Memang tidak semua tidak layak minum. Ada saja depot air minum yang tidak memperhatikan kebersihan dan kualitas air.”kata Sri Dewi.
Dikatakan, pengusaha air minum seharusnya tidak hanya menjaga proses sterilisasi yang benar saat memproduksi air minum. Beberapa depot air minum melakukan sistem curah dari ke galon pelanggan dengan mengunakan corong yang diragukan kebersihannya.”Seharusnya galon yang digunakan dibawa ke depot untuk diserilisasi terlebih dahulu. Hal ini tentu tidak baik dan kebersihannya sangat diragukan.”ujar Sri Dewi.
Untuk itu, sambungnya, masyarakat diharapkan tidak menerima jika ada penghantar air minum isi ulang mencurahkan begitu saja air ke galon milik masyarakat. Resiko terkena penyakit, terutama diare mengintai masyarakat yang juga lalai dengan kebersihan air minum isi ulang yang dikonsumsi.”Kami lihat angka masyarakat yang terkena diare masih tinggi. Ini membuktikan kalau banyak masyarakat yang lupa akan kebersihan, salah satunya tidak teliti dalam mengkonsumsi air minum isi ulang.”katanya.

Kepala Dinas kesehatan Lingga, dr Ignatius Luti mengharapkan kepada jajarannya yang membidangi masalah ini.”Terus melakukan pengecekan ke tempat tempat isi ulang air minum yang diberikan pada masyarakat.”kata dr Ignatius Luti.(muslim tambunan)

Ditulis Oleh Pada Jum 18 Jul 2014. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek