; charset=UTF-8" /> Proyek Fisik dan Dana Desa Rawan di Korupsi di Lingga - | ';
'
'
| | 521 kali dibaca

Proyek Fisik dan Dana Desa Rawan di Korupsi di Lingga

Kantor Inspektorat Kabupaten Lingga.

 

Lingga, Radar Kepri – Selain proyek fisik yang terkesan dikerjakan asal-asalan hingga hasilnya “amburadul”. Sorotan juga tertuju pada penggunaan miliaran rupiah dana desa (DD) yang diduga diselewengkan dan digunakan tidak sesuai peruntukannya.

Menyikapi hal ini, di awal tahun 2024 Inspektorat Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Prov Kepri) menjadwalkan pemanggilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kepala Desa Se Kabupaten Lingga.

Hal disampaikan Kepala Inspektorat kabupaten Lingga, M Jais kepada Radar Kepri melalui WhatsApp, Rabu (13/12/2023).

“Dilaksanakan pada awal tahun 2024 setelah pelaksanaan kas Op name pada seluruh OPD, untuk jadwal nanti diawal tahun akan disusun,”tulis M Jais menjawab konfirmasi radarkepri.com.

Penelusuran dan investigasi Radar Kepri di lapangan ditemukan dugaan sebagian besar kepala Desa di Kabupaten Lingga ada yang menggunakan anggaran yang bukan untuk peruntukannya alias menyalahgunakan anggaran yang berpotensi korupsi.

Diantaranya anggaran ketahanan pangan yang seharusnya dikelola oleh pihak ketiga secara berkelompok. Namun informasi diterima radarkepri.con di lapangan, dikelola oleh perangkat desa itu sendiri.

“Yang paling rawan itu pak, anggaran ketahanan pangan. Dan itu bukan di kelola oleh kelompok masyarakat. Dikelola oleh sebagian perangkat Desa,”kata sumber radarkepri.com yang enggan menyebutkan namanya.

Inspektorat Lingga diharapkan jangan hanya menerima laporan Asal Bapak Senang (ABS) agar tidak dituding terlibat atau bersekongkol dengan oknum kades “nakal”. Audit investigasi berupa turun langsung kelapangan mengecek proyek-proyek yang bersumber dari dana desa wajib dilaksanakan agar tidak seolah-olah kecolongan.”Jangan hanya memeriksa administrasi saja.”tutup sumber.(aliasar)

Ditulis Oleh Pada Rab 13 Des 2023. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek