; charset=UTF-8" /> Menuju Indonesia Maju, BPSDM PUPR Tingkatkan Kemampuan ASN - | ';

| | 35 kali dibaca

Menuju Indonesia Maju, BPSDM PUPR Tingkatkan Kemampuan ASN

Bandung, Radar Kepri- Setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) harus selalu berupaya meningkatkan kemampuannya agar dapat berkontribusi yang lebih besar dalam penyelenggaraan infrastruktur. Lantaran sebagai institusi pemerintah yang bertugas membangun infrastruktur PUPR harus didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten, termasuk kesesuaian kualifikasi pendidikannya.

Atas dasar itu sejak pertengahan 2015 Kementerian PUPR melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kemampuan SDM-nya, yakni pengelolaan Manajemen sumber daya manusia yang dilaksanakan oleh Sekretariat Jenderal, dan pengembangan kompetensi oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) PUPR.

Kepala Bagian Pembinaan Pegawai Biro Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana, Setjen PUPR, Dewa Aji Ariwanto, pada pembukaan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah (KPPI) dan Ujian Dinas menjelaskan salah satu sarana yang dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi insan PUPR, adalah melalui pelaksanaan ujian KPPI dan Ujian Dinas.

“Tujuannya untuk memastikan pendidikan yang sudah diperoleh para pegawai akan berkorelasi dengan meningkatnya kompetensinya. Sehingga layak untuk mendapatkan peningkatan penugasan sekaligus menaikkan pangkat dan golongan sesuai jenjangnya,” katanya di Bandung, Kamis (21/11/2019).

Sedangkan untuk Ujian Dinas dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada para pegawai, yang meskipun memiliki kemampuan sebagai Penata, namun pangkat golongannya masih II/d, dapat ditingkatkan pangkat dan golongannya menjadi III/a.

“Adapun materi yang diujikan, meliputi Tes Kemampuan Dasar untuk menggali pengetahuan, keterampilan, dan sikap. “Lalu Tes kemampuan yang terdiri dari Wawasan Kebangsaan, Intelegensi Umum, dan Karakteristik Pribadi,” kata Dewa Aji Ariwanto.

Kemudian, Tes Kemampuan Bidang yang mengukur kemampuan dan/atau keterampilan peserta ujian yang berkaitan dengan kompetensi jabatan atau pekerjaan dan pendidikan. “Serta Tes Substantif yang berhubungan dengan tugas dan fungsi Kementerian PUPR,” imbuhnya.

Ujian KPPI dan Ujian Dinas serentak dilakukan di dua lokasi, yaitu Bandung dan Makassar pada tanggal 21 – 22 November 2019 dengan jumlah pendaftar awal Ujian KPPI sebanyak 229 peserta dan pendaftar awal Ujian Dinas sebanyak 125 orang. “Setelah verifikasi administrasi terdapat 161 peserta yang lolos administrasi Ujian KPPI serta 125 peserta yang lolos administrasi Ujian Dinas,” pungkas Dewa.(red)

Ditulis Oleh Pada Jum 29 Nov 2019. Kategory Nasional, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek