; charset=UTF-8" /> Mengenang Dua Dekade Perjuangan HM Soeryo Respationo Untuk Kepri - | ';

| | 72 kali dibaca

Mengenang Dua Dekade Perjuangan HM Soeryo Respationo Untuk Kepri

Tanjungpinang, Radar Kepri-Tahun ini, Provinsi Kepri telah berusia 18 tahun. Provinsi ini sah dilahirkan melalui Undang-undang Nomor 25, Tahun 2002.

Namun siapa sangka, dua tahun sebelum Provinsi Kepulauan Riau lahir, sosok Soerya Respationo telah ikut berjuang membidani Kepulauan Riau, bersama tokoh-tokoh lainnya.

Dalam catatan yang masuk dalam wikipedia, Soerya Respationo, pada tahun 2000 tercatat sebagai Wakil Ketua Pembentukan Provinsi Kepulauan Riau.

Artinya, di tahun 2020 ini, genap dua dekade (20 tahun) perjuangan Soerya Respationo ikut membentuk, dan melahirkan Provinsi Kepulauan Riau.

Terpisah, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Kepri, Lis Darmansyah membenarkan soal informasi yang menyebut jika Soerya Respationo merupakan Wakil Ketua Pembentukan Provinsi Kepri.

“Memang ketika itu, beliau bersama Bang Jumaga (Ketua DPRD Kepri) adalah orang yang menjembatani rencana pembentukan Provinsi Kepri ke fraksi PDI Perjuangan di pusat,” ungkapnya.

Namun, ujarnya, selama ini Mantan Wakil Gubernur Kepri itu, memang terkesan enggan untuk mengungkapkan hal itu kepada publik.

Karena, kata dia, memang karakter Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Kepri itu yang tidak ingin menunjukkan, apalagi sampai membanggakan hal yang ia perjuangkan untuk kepentingan publik.

“Selama 18 tahun saya menjadi sekretaris beliau di PDI P, beliau itu memang tidak pernah mau mengungkit hasil perjuangannya. Bagi beliau yang terpenting itu hasil dari perjuangan itu. Memang seperti itulah karakter beliau, dan banyak orang tidak tahu akan hal itu,” tuturnya.

Rekam jejak HM Soeryo Resptiono dalam perjuangan pembentukan Provinsi Kepri juga tercatat dalam buku berjudul “Batu Tajam Menuju Kota Otonom” yang ditulis H Akmal Atatrik (alm). Soeryo berperan menjadi pembuka jalan ke Handjoyo Putro SH (alm) yang saat itu menjabat anggota DPR RI dari Dapil Riau. Sederet sumbangsih diberikan mantan pengacara ini dalam perjuangan menjadikan Kepri sebagai provinsi agar lepas dari Provinsi Riau.(irfan)

Ditulis Oleh Pada Sel 10 Nov 2020. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek