| | 272 kali dibaca

Jalin Silaturahmi, HKMS Gelar Goro

Suasana gotong royong yang dilaksanakan HKMS Natuna.

Natuna, Radat Kepri-Dalam menjalin tali silaturrahmi dan persaudaraan sesama perantau Minang di Natuna Ketua Umum Himpunan Keluarga Minang Sakato
(HKMS )Kabupten Natuna Harken,  S. Pd. Ek. Lakukan Gontoroyong bersama pengurus dan anggota warga (HKMS) Minggu, (15/01) ini hari.
Budaya Gontoroyong bekerja sama dalam mengerjakan sesuatu seperti membersihkan Mesjid,  Mushola,  saudara mau pesta (Baralek ) dan pasilitas umum (pasum) itu merupakan sudah kebiasaan bagi orang Minang sejak di kampung halaman di Sumatera Barat (Sumbar ). Sampai keperantauan dimanapun ia berada tradisi (barek samo dipikul ringan di jinjiang) berat sama dipukul dan ringan sama dijinjing ini tetap digalakkan.
Menurut  Ketua Umum HKMS, Harken,S.Pd.Ek. yang juga Anggota DPRD Kabupaten Natuna itu mengatakan, “Gontoroyong yang dilakukan oleh waga HKMS Natuna merupakan guna mempererat tali silaturrahmi antara sesama orang Minang  perantau Natuna yang ada.
Gontoroyong kami lakukan pada hari adalah mengecat Gedung HKMS yang sudah mulai kusam karena sudah lama tidak dicat. Sebenarnya bisa saja di upahkan kepada orang lain untuk mengecat tersebut,  tetapi kami memilih untuk bekerja  sama melakukan pengecatan tersebut, saat inilah nampak kekonpakan kita antara satu dan yang lain,  tidak terlihat lagi perbedaan penjabat dan warga biasa, semuanya bekerja sebagai anggota HKMS Natuna, dengan goro ini semua warga HKMS lebih merasa memiliki  bangunan Gedung HKMS yang sudah dibangun oleh para sesepuh kita para pendiri  HKMS terdahulu. “Kata Harken.
Dari pantauan media ini di lokasi goro masal warga Minang Sakato itu,  dihadiri oleh ratusan waga munang perantau Natuna.
Untuk warga Minang laki laki pada pukul (07.30) sudah datang untuk melakukan pengecatan,  sedangkan untuk kaum ibu datang pada pukul 11.00 Wib, dengan membwa Nasi, lauk dan berbagai makanan lainnya.
Sebelum Sholat zuhur pengecatan gedung  seluas 10×12 itu selesai dikerjakan,  selesai melakukan makan bersama semua waga Minang membubarkan diri untuk pulang kerumah masing masing dan kemesjid untuk Sholat zuhur. (Herman)

Ditulis Oleh Pada Sen 16 Jan 2017. Kategory Natuna, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek