| | 1.001 kali dibaca

Golput, Pemenang Pilpres di Kawasan Muka Kuning Batam

Walikota Batam, Drs H Ahmad Dahlan (baju batik) ketika berkunjung ke TPS 1 Muka Kuning

Walikota Batam, Drs H Ahmad Dahlan (baju batik) ketika berkunjung ke TPS 1 Muka Kuning, Rabu (09/07).

Batam, Radar Kepri-Pilpres yang berlansung pada hari ini, Rabu (09/07) secara serentak d iseluruh Indonesia di ikuti oleh dua pasang kandidat Capres-Cawapres. Dimana, nomor urut 1  Prabowo Subianto dengan Hatta Rajasa (Prabowo-Hatta) bersaing denga pasang nomor urut 2 Joko Widodo dan Jusuf Kala (Jokowi-JK). Sebagaimana di rilis oleh tim lebaga Quick Count, perhitungan cepat, Capres nomor 2,  Jokowi-JK berhasil unggul dengan persen 52,32 persen secara nasional.

Pasangan Jokowi-JK juga unggul jauh dalam prolehan suara dikawasan Batam Indo, keluruhan Muka Kuning, kecamatan Sei Beduk Batam. Investigasi yang dilakukan oleh awak media ini dilapangan, di TPS 01 dari 781 DPT perseta pemilih tetap, hanya 206 orang  yang mempergunakan hak suaranya, nomor urut 2, pasangan Jokowi-JK meraup 117 suara. Sedangkan Nomor urut 1, pasangan Prabowo-Hatta hanya mendapatkan 89 suara.Sedangkan sedangkan 575 suara memilih tidak menggunakan suaranya alias golput.

Kemudian di TPS 34 kelurahan yang sama, pasangan Jokowi-JK juga juga unggul dengan merauo 84 suara sedangkan Prabowo-Hatta mendapat suara 57 suara. Semantara yang tidak menggunakan hak pilihnya sebanyak 98 suara dari jumlah daftar suara pemilih.dan 2 suara dinyatakan tidak sah.

Pemilihan di  TPS 1 kawasan Batam Indo di hadari oleh Walikota Batam, Drs H Ahmad Dahlan bersama jajarannya dan Ketua KPUD Propinsi Kepri sekaligus Plt  Ketua KPUD Kota Batam Said Sirajudin beserta anggota Bawaslu kota Batam. Mereka minta pada petugas Penyelanggara Pemilu di TPS 1 tersebut bisa berkeja dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku, tidak melakukakan hal-hal yang bertentangan dengan peraturan Pemilu yang sudah diatur undang-undang pemilu.

Sebagaimana di ketahui, Walikota Batam, Drs Ahmad Dahlan juga menjabat ketua Partai pengusung pasangan nomor urut 1. Kedatangan Wako dan rombongan ke TPS 1 tersebut tidak berpengaruh terhadap suara pasangan nomor urut 1. Buktinya, suara pasangan nomor urut 1 kalah jauh dari pasangan nomor urut 2.

Sacara keseluruhan, untuk Kelurahan Muka Kuning, pasangan nomor urut 2, Jokowi-JK jauh mengungguli pasangan Prabowo-Hatta.  Data yang di himpum awak media ini dari berbagai sumber di kelurahan Mukakuning. Dari 3000-an peserta pemilih yang menggunakan hak politiknya dalam Pilpres kali ini, Pasangan Jokowi-JK berhasil maraih 2000-an suara, sedangkan pasangan Prabowo-Hatta  hanya 1000-an suara.

Mengenai banyaknya angka golput di kelurahan Muka Kuning yang notabene pemilihnya karyawan  PT yang berkerja diperusahaan kawasan Batam Indo Muka Kuning. Menurut salah seoarang Petugas TPS 1.”Data tersebut yang digunakan oleh KPUD kota Batam, masih menggunakan Datar Pemilih Tetap (DPT) lama. Padahal orang-orang ini sudah tidak tinggal lagi di sini. Sehingga banyak kertas pemilaihan suara ini yang tidak dipergunakan alias tidak dicoblos.”ungkapnya.(taherman)

Ditulis Oleh Pada Rab 09 Jul 2014. Kategory Batam, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek