''
| | 2.072 kali dibaca

Eddy Wijaya, Penanggungjawab Dana Hibah KPUD Adalah Gubernur Kepri

*Terungkap Dalam Sidang Korupsi Said Agil

Drs Eddy Wijaya ketika memberikan keterangan untuk terdakwa Said Agil dan Nopianto Ropita di Pengadilan Tipikor, Rabu (15/07).

Drs Eddy Wijaya ketika memberikan keterangan untuk terdakwa Said Agil dan Nopianto Ropita di Pengadilan Tipikor, Rabu (15/07).

Tanjungpinang, Radar Kepri-Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau (Sekdaprov Kepri) Drs Eddy Wijaya hanya saksi dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi yang mengantarkan Drs Said Agil dan Nopian Ropita. Padahal Drs Eddy Wijaya mengakui menandatangani akta dana hibah untuk KPUD Kepri  pada Pilkada 2010 lalu.

Hal ini terungkap dipersidangan pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada PN Tanjungpinang, Rabu (15/07).”Memang saya selaku Pengguna Anggara yang menandatangani dana hibah untuk Pilkada 2010 lalu.”kata mantan calon wakil Gubernur Kepri 2010 yang berpasangan dengan Aida Zulaikha Nasution sebagai cagub Kepri.

Namun, masih kata Eddy Wijaya, untuk pertanggungjawaban pemakaian anggaran hibah tersebut disampaikan pada Gubernur, waktu itu Plt Gubkepri dijabat HM Sani yang saat ini Gubernur Kepri.

Selain Eddy Wijaya, JPU Efan Apturedi SH dan Demianus Eckra Palapia SH dari Kejaksaan Negeri Tanjungpinang juga menghadirkan Widianing dari staf di KUPD Kepri waktu itu. Tidak banyak keterangan urgen dan substantive yang disampaikan saksi Widianing karena dirinya staf yang mengurusi administrasi agar pencairan dana hibah itu lancar.

Pada Rabu (22/07) JPU akan menghadirkan Den Yealta, ketua KPUD Kepri pada 2010 lalu untuk didengarkan keteranganya di persidangan.

Terdakwa Said Agil merupakan sekretaris KPUD Kepri dan Nopian Ropita menjabat Bendahara didakwa telah melakukan tindak pidana korupsi dengan modus perjalanan dinas fiktif yang merugikan keuangan Negara sekitar Rp 400 juta.(irfan)

Ditulis Oleh Pada Kam 16 Jul 2015. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek