' '
| | 613 kali dibaca

Didakwa Korupsi, Faly Nasabah BRK Dihukum 2 Tahun Penjara

Faly Kartini Simanjuntak mendengarkan putusan terhadap dirinya di Pengadilan Tipikor Tanjungpinang..

Faly Kartini Simanjuntak mendengarkan putusan terhadap dirinya di Pengadilan Tipikor Tanjungpinang, Senin (09/03).

Tanjungpinang, Radar Kepri-Terdakwa Faly Kartini Simanjutak dihukum selama 2 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor pada PN Tanjungpinang, Senin (09/03). Majelis hakim menilai perbuatan Faly bersama Kaharudin Menteng dan Subowo,dua nama terakhir telah dihukum, terbukti melanggar pasal 3 junto pasal 18 ayat (1) huruf a dan b ayat (2) dan ayat (3) UU RI nomor 31 tahun 1999 yang telah dirubah dan ditambah dengan UU RI nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, junto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana.

Terhadap vonis tersebut, kuasa hukum terdakwa Faly yakni, Eggy Sujana SH MH dan Budi Nugroho SH menyatakan akan mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Riau di Pekanbaru. Sedangkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Novefiandri SH dan M Zein SH dari Kejaksaan Tinggi Kepri menyatakan pikir.

Selain menghukum Faly selama 2 tahun alias 24 bulan, terdapat 10 item putusan secara keseluruhan yang dibacakan ketua majelis hakim, Parualian Lumbantoruan SH MH yang memeriksa dan mengadili perkara tersebut.

Inilah 10 petikan putusan majelis hakim tersebut, pertama. Menyatakan terdakwa Faly Kartini Simanjuntak tidak terbukti melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dakwaan ke satu, primer. Kedua, membebaskan terdakwa Faly oleh karenanya dari dakwaan primer tersebut. Tiga, menyatakan terdakwa Faly terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah, melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama. Ke empat, menjatuhkan kepada Faly oleh karena itu selama 2 tahun dan pidana denda sebesar Rp 50 juta. Dengan ketentuan, apabila denda tersebut tidak dibayar, maka akan diganti dengan pidana kurungan selama 3 bulan. Ke lima, menetapkan masa penahanan yang telah dijalani terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan. Ke enam, memerintahkan terdakwa ditahan dalam rumah tahanan negara. Ke tujuh, menghukum pula terdakwa membayat uang pengganti sebesar Rp 487 334 74, jika terdakwa tidak membayar uang pengganti selama 1 bulan sejak putusan ini berkekuatan hukum tetap, maka harta benda terdakwa dapat disita oleh jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut. Ke delapan, dalam hal terdakwa tidak mempunyai harta benda yang mencukupi, maka terdakwa dipidana penjara selama 1 tahun. Ke sembilan, memerintahkan barang bukti nomor urut 1 sampai nomor urut 54 semua kembalikan pada Bank Riau Kepri cabang Batam. Ke sepuluh, menetapkan terdakwa untuk membayar perkar Rp 5000.

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan JPU yang menuntut agar Faly dihukum selama 3 tahun 6 bulan penjara dan kewajiban membayar uang pengganti sebesar Rp 480 juta subsidair 1 tahun 9 bulan penjara.(irfan)

Ditulis Oleh Pada Sen 09 Mar 2015. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek