; charset=UTF-8" /> AMP Adakan Pertemuan Pencegahan Kematian Ibu Hamil - | ';
'
'
| | 884 kali dibaca

AMP Adakan Pertemuan Pencegahan Kematian Ibu Hamil

Pertemuan Tim AMP di Hotel Armanda Dabo Singkep=

Pertemuan Tim AMP di Hotel Armanda Dabo Singkep, Kamis 4 Juli 2013.

Lingga, Radar Kepri-Tim Audit Maternal Privatr (AMP) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lingga mengadakan pertemuan untuk membahas pencegahan kesakitan dan kematian ibu dan anak, yang di laksanakan di ruang pertemuan hotel Armanda, Dabo Singkep, Kamis (04/07).
Tim AMP itu sendiri terdiri dari dinas kesehatan Lingga dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang merupakan tenaga profesi, seperti dokter, bidan dan perawat. Pertemuan yang di ikuti 20 peserta Tim AMP serta dihadirkan dua orang narasumber yang di datangkan dari provinsi Kepri.
Mas’ah, Kabid Promkes, Kesga dan Gizi, dinas kesehatan kabupaten Lingga, mengatakan.”Dilakukan pertemuan ini membahas penyebab kesakitan dan kematian Ibu dan anak. Untuk itu kita mengambil langkah-langkah dan pencegahan apa yang yang di ambil. Bila kemungkinan hal tesebut terjadi pada ibu hamil, ada beberapa hal yang membuat kesakitan dan kematian pada ibu hamil.”jelasnya.

Ditambahkan Mas’ah.”Tiga terlambat dan empat terlalu, hal ini yang sering terjadi pada ibu saat mereka hamil. Yakni terlambat datang sehingga tidak terdeteksi, terlambat merujuk dan terlambat penanganan. Kemudian empat terlalu tesebut yakni, terlalu muda hamil, terlau tua hamil, terlalu jauh jarak kehamilan dan terlalu banyak anak,” sebut Mas’ah.
Dilanjutkan, Pada tahun 2012 kalau berdasarkan dari data telah terjadi tujuh orang kematian ibu, dan pada tahun 2013 ini dari Januari hingga Juli ada tiga orang kematian ibu.”Penyebab dari kematian ibu yang paling sering terjadi ialah Hipertensi dan pendarahan. Kita berharap dengan pertemuan ini dapat mengambil langkah pencegahan lebih awal terhadap kemungkinan terjadinya kematian ibu dan anak.”paparnya.(puspandito)

Ditulis Oleh Pada Kam 04 Jul 2013. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek