; charset=UTF-8" /> Masa Depan Pelatihan Dan Pengembangan - | ';

| | 42 kali dibaca

Masa Depan Pelatihan Dan Pengembangan

Oleh Dwi Herliyanti.

 

Sumber Daya Manusia merupakan suatu aset bagi sebuah perusahaan atau lembaga atau organisasi atau istansi yang sangat penting dalam suatu kegiatan yang dilakukan.

Alasan yang paling kuat untuk dikatakan demikian karena untuk mengahadapi suatu tuntutan tugas sekarang maupun untuk menjawab suatu tantangan di masa depan nantinya.

Untuk dapat meningkatkan keahlian dan kemampuan karyawan/pegawai ini sangat dibutuhkan adanya pelatihan dan pengembangan karyawan, yang dimana pelatihan dan pengembangan ini diartikan sebagai suatu program yang bertujuan untuk pengembangan sumber daya manusia baik di dalam teori maupun kemampuan dalam menyelesaikan pekerjaannya agar lebih efektif dan efesien.

Nantinya di masa depan yang tentunya kita akan terus melewati masa revolusi industri. Kita tak hanya bersaing dengan sesama manusia melainkan juga kita akan bersaing dengan teknologi yang luar biasa misalnya seperti robot dan sebagainya.

Ini menjadikan suatu tantagan tersendiri bagi SDM. Sekarang saja ini sudah bersaing dengan teknologi, yang dimana banyak perusahaan atau pabrik yang dimana dalam mgengelola suatuproduk yang mereka hasilkan untuk dijual itu menggunakan teknologi mesin, dan manusia hanya sebagai penggerak saja dan itu tidak terlalu banyak, dikarenakan mesin telah mengerjakan banyak dan bisa lebih cepat dari manusia.

Lalu mau dikemanakan SDM yang dimiliki oleh suatu daerah, bagiaman mengelola sumber daya alam jika sumber daya manusianya tidak memiliki kualitas yang mumpuni. Sadar atau tidak kecanggihan dari smartphone yang dimiliki adalah salah satu perkembangan teknologi yang terus dilakukan.
Lalu mau dikemanakan SDM ini, disini perlunya peran penting dari pelatihan dan pengembangan untuk masa depan. Ini begitu sangat diperlukan untuk dapat menjadikan SDM ini menjadi berkualitas dan unggul. Dikarenakan secanggih apapun teknologi pasti diperlukan manusia yang memiliki kemampuan, keterampilan serta pengetahuan yang sangat mumpuni untuk dapat menggerakkan semua alat atau mesin yang dicipkan, atau bahkan SDM yang diberikan pelatihan lalu diberikan pengembangan tentang betapa pentingnya pengelolaan SDM ini maka nantinya SDM ini akan dapat menjadi SDM yang unggul.

Untuk itu pelatihan dan pengembangan SDM ini sangat diperlukan. Akan tetapi sering kali pelatihan dan pengembangan hanya dianggap sebagai formalitas , yang pada dasarnya pelatihan dan pengembangan ini sangat penting dilakukan baik itu dari perusahaan atau organisasi atau bahkan pemerintah sekalipun.
Pelatihan dan pengembangan SDM ini adalah hal yang sangat penting harus dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan dimasa mendapang. Apalagi di era globalisasi atau MEA ini semua orang dituntut untuk dapat menggunakan teknologi yang canggih, yang serba terbaru untuk mengikutu perkembangan zaman, ini dilakukan agar setiap SDM dapat terus bersaing dan juga mendukung kemajuan serta perkembangan dalam dunia bisnis, tak hanya dunia bisnis melainkan juga perkembangan ekonomi dan lain sebagainya.

Untuk itu, dengan begini sangat penting sekali dengan adanya pelatihan dan pengembangan, dan juga jika benar ini dilakukan dan sering kali dilakukan haruslah sesuai dengan kebutuhan dari sebuah organisasi, tidak lagi sekedar formalitas. Ini harus memberikan manfaat yang sangat berguna baik untuk diri sendiri maupun untuk mencapai tujuan dari organisasi ataupun perusahaan.

Ditulis Oleh Pada Rab 28 Okt 2020. Kategory Cerpen/Opini, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek