; charset=UTF-8" /> BSBK Kompak Menjaga Lingkungan, BSC Silahturahmi - | ';

| | 96 kali dibaca

BSBK Kompak Menjaga Lingkungan, BSC Silahturahmi

Tanjungpinang, Radar Kepri-Kebersihan menjadi salah satu dari rukun Islam. Untuk itu Bank sampah bersih kuantan (BSBK) yang terletak di jalan kuantan gang putri ledang 5, 9 pengurusnya kompak bersama warga menjaga lungkungan.

Hal ini terbukti saat bsbk disambangi media ini pada Minggu (2/8). Para pengurus bsbk sedang melakukan rutinitas memilah sampah. Beberapa warga sekitar datang langsung mengantar sampahnya ke bank sampah bsbk. Ada yang berupa sampah organik yang diolah menjadi kompos ada sampah non organik. Seperti kaleng, besi kropos, plastik dan kaun sebagainya. Pengurus yang sudah memiliki tugas dan peran mading-masing lsngsung mengambil alih. Sampah-sampah tersebut langsung di pisah sesuai kategorinya. Dan pengurus bagian pemilahan langsung melakukan pemilahan.
Yang menarik, ibu rt setempat ikut serta melakukan pemilahan. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan para pengurus bsbk mengunakan masker dan menyediakan tempat cuci tangan.
Bukan hanya kompak bekerja tetapi para srikandi lingkungan ini pun kompak mengenakan hijab.
Sengatan mentari tidak menghalangi mereka menerima sampah dari masyarakat setelah di timbang lalu dimasukan ke buku tabungan.
Menurut Elfina selaku ketua bsbk untuk snak sd dan smp tabungan sampah boleh diambil seksli seminggu. Tetapi untuk ibu-ibu rumah tangga ataupun bapak-bapak tabungan boleh diambil sekali setahun. Sebelum covid menyerang biasanya bsbk menjual sampah sekali dalam 3 minggu. Tetspi begitu covid melanda mereka menjual sekali dalsm 4 minggu. Gudang atau pun sekretariat bsbk merupakan rumah salah seorang pengurus yang dengan suka rela meminjamkan kediamannya untuk aktivitas bank sampah.
“Memang dari awal kita bentuk kita sudah kita kadih tau visi misi kita bahwa bank sampah ini pekerjaan sosial”, Terang Elfina.
Dari awal akan dibentuk, Ryna tambunan yang didaulat sebagai pembina bsbk turun tangan langsung melakukan sosialisasi ke masyarakat. Seyogyanya perempuan yang masih aktif sebagai pns di Bintan tersebut tidak merasa jijik memperkenalkan bank sampah dan cara melakukan pemilahan sampah. Ryna menyebutkan, ia juga pernah membantu pembentukan 14 bank sampah di Bintan. “Kalo sekarang saya tidak tahu sudah berapa ya, pasti sudah berkembang dan jumlahnya juga sudah bertambah”, jelasnya.
Secara lengkap pengurus bsbk terdiri dari pembina Ryna Tambunan, St M.eng, Ir.Hj. Sri wati menjabat sebagai direktur, sedangkan dra. Elfina menjabat sebagai ketua, jabatan sekretaris dipegang oleh Asamah, bendahara Sandrawati, bidang pemilahan Nurlian, bidang penimbangan Syarifa afriza dan Riswati sebagai kasir.
Saat para pengurus ini disibukkan dengan tugasnya masing-masing, bsbk didatangi oleh direktur bank sampah cermai ( bsc) bersama sekretarisnya.

Kunjungan dari bsc tersebut disambut baik oleh pengurus bsbk.Kedua bank sampsh ini pun saling bertukar cerita dengan permasalahan yang dihadapi masing-mading. Namun secara jujur direktur bsc sangat salut dengan kinerja bsbk yang begitu kompak. Terlebih bsbk belum lama dibentuk baru hitungan bulan namun sudah mampu menjadi tim yang padu. “Salut saya dengsn sdm bsbk, kompak, semua pengurus mau kerja”, terangnya. Bahkan saat mengisi buku tamu bsbk ia menulis sangat baik baik bisa menjadi percontohan dikolom kesan dan pesan. Lanni

Ditulis Oleh Pada Sen 03 Agu 2020. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek