| | 1.034 kali dibaca

Kapolda Kepri Resmikan Mapolsek Buru

Kapolda Kepri, Brigejn (Pol ) Yotje Mende

Kapolda Kepri, Brigejn (Pol ) Yotje Mende

Karimun, Radar Kepri-Kapolda Kepri Brigjen Pol Yotje Mende meresmikan Mapolsek Buru di Jalan M Rajab Kandis, Kelurahan Buru, Kecamatan Buru yang di hadiri  Bupati Karimun, DRNurdin Basirun, Ketua DPRD Karimun Raja Bakhtiar, Danlanal Letkol Laut (P) Sawa, Kasdim 0317 Tanjungbalai Mayor Inf Syafrizal, Kajari Tanjungbalai Karimun Supratman Khalik dan unsur FKPD Kabupaten Karimun, Kamis ( 28/02).Kapolda Kepri ketika di wawancarai di sela-sela acara peresmian Mapolsek Buru menyatakan,”Karimun salah satu  daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura hal inilah yang membuat daerah kita  rawan dengan kejahatan trans nasional crime seperti narkoba, penyelundupan gelap berupa BBM dan hasil tambang seperti pasir, bauksit dan timah,Selain itu,Januari ini saja sudah 42 kasus yang berhasil diungkap, belum lagi selama bulan Februari 2013 ini,” kata Yotje.

Masih dengan Kapolda.”Pulau Buru termasuk pulau yang rawan dan menjadi daerah transit bagi para penyelundup dari Malaysia. Pasalnya, Pulau Buru termasuk pulau yang dekat dengan perairan Malaysia, selat Phillip dan Singapura. Makanya tak heran, penyelundup kerap melintasi wilayah itu dan juga menjadikannya sebagai daerah transit. Dengan posisi yang berdekatan dengan perairan internasional tersebut, kata Yotje Mende, maka pihaknya juga menyebut kalau Polsek Buru merupakan Polsek pulau terdepan Indonesia yang terletak di Kabupaten Karimun. Makanya, dirinya menekankan kepada anggota Polsek untuk selalu memperketat pengawasan di daerah itu.

Kapolda Kepri  sangat mengharapkan kepada anggota polisi yang bertugas di Polsek Buru untuk menindak semua bentuk pelanggaran hukum, termasuk juga didalamnya mencegah penambangan liar berupa pasir darat, timah dan bauksit. “Saya meminta jangan sampai tempat kita ini menjadi tujuan bagi kejahatan nasional crime tersebut,” kata Kapolda Kepri Brigjen  Pol Yotje Mende.

Kapolres Karimun AKBP Dwi Suryo Cahyono menjelaskan, pembangunan Mapolsek Buru tidak terlepas dari peran serta pemerintah daerah Kabupaten Karimun dan masyarakat Kecamatan Buru. Salah satu peran serta masyarakat adalah membangun batu miring yang ada di depan Mapolsek. Selain peresmian Mapolsek, saat itu juga peresmian enam unit rumah dinas Kapolsek dan Kanit.

Dwi juga menceritakan sejarah singkat keberadaan anggota polisi dan pendirian Polsek Buru. Menurutnya, pada tahun 1970-an di Pulau Buru hanya ada satu orang polisi yang bertugas. Saat itu, polisi tersebut masih menumpang di rumah warga. Seiring perjalanan waktu, dan pembentukan Karimun sebagai sebuah kabupaten pada 1999, maka mulailah dibangun Polpos Buru hingga menjadi Polsek Buru yang saat ini beranggotakan 13 orang personel. Peresmian Mapolsek Buru dan rumah dinas Polsek Buru tersebut juga dihadiri Bupati Karimun Nurdin Basirun, Ketua DPRD Karimun Raja Bakhtiar, Danlanal Letkol Laut (P) Sawa, Kasdim 0317 Tanjungbalai Mayor Inf Syafrizal, Kajari Tanjungbalai Karimun Supratman Khalik dan unsur FKPD Kabupaten Karimun lainnya. ( jantua dolok saribu).

Ditulis Oleh Pada Jum 01 Mar 2013. Kategory Batam, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek