; charset=UTF-8" /> 150 Orang Ikuti Bimtek PKH di Lingga - | ';
'
'
| | 1,686 kali dibaca

150 Orang Ikuti Bimtek PKH di Lingga

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lingga H Muslim memberikan salam kepada perserta Bimtek

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lingga H Muslim memberikan salam kepada perserta Bimtek

Lingga, Radar Kepri-Sebanyak 150 orang peserta yang terdiri dari kepala sekolah, kepala Puskesmas, perwakilan desa dan kecamatan di Kecamatan Singkep dan Singkep Barat ikuti bimbingan teknis (bimtek) pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH). Bimbingan teknis dilakukan agar peserta sebagai stekholder program mengetahui tugas dan fungsinya dalam program pengentasan kemiskinan dari Dinas Sosial RI ini.

Kordinator Wilayah Program PKH Kepri, Ir Hartoto mengatakan.”Setalah ini, diharapkan para peserta mengetahui tugas dan fungsi sebagai perwakilan pemerintah untuk mensukseskan program PKH.”kata Ir Hartoto, di sela-sela Bimtek, di Gedung Sapta Pesona Kelurahan Dabo, Selasa (25/03).
Dikatakan, program PKH adalah pemberian bantuan tunai kepada Keluarga Sangat Miskin (KSM) yang telah ditetapkan sebagai peserta. Peserta PKH diwajibkan memenuhi persyaratan dan komitmen dala bidang pendidikan dan kesehatan sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia.”Dalam  jangka pendek, program ini bertujuann untuk mengurangi beban KSM, sedangkan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi.”ucapnya.
Dilanjutkan, pihaknya secara terus menerus akan memantau perkembangan peserta PKH, dengan mengecek ke instansi bidang pendidikan dan kesehatan terkait program yang dilakukan. Hasil pemantauan akan menjadi dasar evaluasi hingga pertimbangan apakah para peserta PKH asih berhak mendapatkan bantuan pada tahun berikutnya.”Program PKH pertama kali diluncurkan tahun 2007. Untuk Kabupaten Lingga PKH dimulai tahun 2012 di kecamatan Lingga dan Senyang. Tahun ini, Kecamatan Singkep dan Lingga daerah sasaran program PKH.”ucapnya
Untuk kecamatan Singkep, sambungnya, wilayah cakupannya adalah Kecamatan Singkep Pesisir dan Singkep Selatan yang merupakan kecamatan pemekaran Singkep. Pada perjalanannya pendataan Kecamatan Singkep Barat yang juga diusulkan untuk masuk program.”Untuk Singkep data keluarga sasaran sudah masuk, sedangkan Singkep Barat masih usulan.”sebutnya.
Dia menuturkan, program PKH untuk Kecamatan Lingga dan Senayang, berifikasi data sudah dilakukan, 557 keluarga sudah disetujui dan tinggal menunggu pencairan bantuan pada Bulan April 2014. Total bantuan yang diberikan Rp204,8 juta dalam satu tahun.”Dalam satu keluarga sasaran mendapatkan minimal Rp800 ribu dan maksimal Rp2,8 juta sesuai dengan kebutuhan dibidang pendidikan dan kesehatan keluarga yang bersangkutan.”jelasnya.
Dilanjutkan, perincian bantuan yang diberikan dalam program PKH adalah, bantuan tetap sebesar Rp300 ribu, Bantuan ibu hamil/Nifgas/ Balita diberikan Rp1 juta. Untuk anak SD diberikan Rp500 ribu, Anak SMP sebesar Rp1 juta.”Bantuan ini diberikan satu kali dalam setahun.”pungkasnya .(muslim tambunan)

Ditulis Oleh Pada Sel 25 Mar 2014. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek