; charset=UTF-8" /> Pasien Covid-19 yang Dirawat di RSKI Bertamah 39 Orang - | ';

| | 24 kali dibaca

Pasien Covid-19 yang Dirawat di RSKI Bertamah 39 Orang

Batam, Radar Kepri – Sempat alamai penurunan jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang, Batam, hari ini pasien kembali bertambah 39 orang.

Tercatat pada Jumat 11 Juni 2021, jumlah pasien di RSKI berjumlah 89 orang yang saat ini dalam perawatan.

Kepala penerangan Kogabwilhan-I, Kolonel Marinir Aris Mudian, mengatakan, pasien di RSKI di dominasi oleh para PMI (Pekerja Migran Indonesia).

“Iya, hari ini ada penambahan
39 orang pasien Covid-19 yang baru masuk. Mereka akan menjalani masa isolasi karantina Covid-19,” kata Kepala penerangan Kogabwilhan-I, Kolonel Marinir Aris Mudian pada Jumat, 11 Juni 2021

Kolonel Aris merincikan dari total 89
pasien rawat tersebut di antaranya terdiri dari 48 pria dan 41 wanita.

Lanjut kata dia, sejak RSKI Galang mulai beroperasi dan merawat pasien Covid-19, total ada 13.939 orang yang pernah menjalani perawatan di tempat tersebut. Sementara untuk pasien meninggal di RSKI, kata dia hingga saat ini masih nihil.

Tak Ada Kendala Periksa Sampel, Meski Alat PCR BTKL PP Rusak

Dua unit alat pemeriksaan Polymare Chain Reaction (PCR) milik Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL PP) Kelas 1 Batam sedang mengalami kerusakan.

Hal itu dikatakan oleh kepala BTKL PP Kelas 1 Batam, Budi Santosa saat dihubungi, pada Jumat 11 Juni 2021.

Namun, menurutnya, sampai saat ini proses pemeriksaan sampel PCR di BTKL PP berjalan lancar. “Kita ada periksa sekitar ratusan sampel setiap hari,” kata Budi Santosa pada Jumat 11 Juni 2021.

Ia mengatakan, BTKL PP memilik 5 alat PCR, di mana saat ini satu mengalami kerusakan dan satu lagi sedang dalam perbaikan. “Sedang menunggu spare part dari luar negeri,” kata Budi.

Menurutnya, saat ini tidak ada kendala dari segi peralatan. BTKL PP Batam memiliki 5 alat PCR. “1 unit merupakan bantuan BNPB, 1 unit bantuan pemerintah melalui Dinkes. Sebelumnya sudah ada 2 unit alat PCR milik BTKL PP melalui pengadaan sendiri ditambah 1 mobil laboratorium dari Kemenkes,” kata dia.

Jika semua alat ini normal dan bisa dioperasikan, BTKL PP Batam dapat memeriksa sebanyak 1.000 sampel setiap harinya. BTKL PP Batam setiap hari menerima sampel yang masuk dari wilayah Riau, Kepri dan Jambi.

“Kita memiliki wilayah kerja 3 provinsi, Kepri, Riau dan Jambi. Terdiri dari 30 kabupaten dan kota. Jadi semua sampel yang dikirim harus kita periksa,” tutup Budi.(Islah)

Ditulis Oleh Pada Sab 12 Jun 2021. Kategory Batam, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek