; charset=UTF-8" /> Dua Caleg Garuda Bakal Disidang Secara In Absentia - | ';

| | 699 kali dibaca

Dua Caleg Garuda Bakal Disidang Secara In Absentia

Rizky Rahmatullah SH, Kasi Intel Kejari Tanjungpinang.

 

Tanjungpinang, Radar Kepri-Dua caleg yang terjerat money politik di Dapil Tanjungpinang Timur, Ranta dan Brando tidak kooperatif dengan tidak memenuhi panggilan penyidik yang tergabung dalam Gakkumdu Tanjungpinang. Namun proses hukum keduanya tetap dilanjutkan hingga ke pengadilan.

Hal ini terungkap dalam pembicaraan media ini dengan Rizky Rahmatullah SH unsur Gakkumdu dari Kejaksaan, Rabu (29/05) saat berbuka bersama dengan insan pers.”Dalam prosesnya,mulai dari Bawaslu hingga ke penyidik (Polisi), kedua caleg itu tidak hadir memberikan keterangan. Tapi tidak ada masalah, UU membolehkan sidang in absentia (tanpa kehadiran terdakwa).”kata Rizky yang menjabat Kasi Intelejen Kejari Tanjungpinang ini.

Rizky menambahkan, tidak hadirnya dua caleg dari partai Garuda ini justru merugikan keduanya.”Mereka tidak bisa membela diri, dan setelah divonis langsung incraht (berkekuatan hukum tetap).Yang rugi mereka karena tidak menggunakan hak-hak hukumnya.”jelasnya.

Terhadap dua caleg yang tidak kooperatif ini, masih kata Rizky, hakim tentu akan mempertimbangkan hukuman lebih berat dibandingkan dengan caleg M Apriyandi dan tersangka lainnya yang kooperatif dan taat hukum.

Informasi yang dihimpun radarkepri.com, Ranta dikabarkan kabur ke Australia karena orang tuanya memiliki rumah dan bisnis disana. Sedangkan Brando tidak diketahui keberadaanya.(irfan)

Ditulis Oleh Pada Kam 30 Mei 2019. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek