' '
| | 1.675 kali dibaca

Balap Liar Marak, Polisi Diminta Bertindak

Aksi balap liar di Jl Basuki Rahmat pada Sabtu 28 April 2013.

Aksi balap liar di Jl Basuki Rahmat pada Sabtu 28 April 2013.

Tanjungpinang, Radar Kepri-Meskipun jalan raya masih menjadi pembunuh nomor 1 di Indonesia dan Kepri, setelah narkoba. Ternyata aksi balap liar yang menjadi cikal bakal hampir seluruh tindak pidana kejahatan  jalanan. Seperti jambret, rampok dan kejahatan tradisional lainnya.

Ironisnya, balap liar terkesan dibiarkan, bahkan terindikasi dipelihara oleh oknum tertentu menjadi lahan perjudian terselubung. Lihat saja pada Sabtu malam (28/04) sekitar pukul 00.53 Wib di Jl Basuki Rahmat, Tanjungpinang. Terlihat ara pembalap liar sudah bersiap-siap untuk mengadakan balapan, tepatnya mulai di depan SMUN 2. Para alap-alap motor ini mulai menggeber kendaraannya. Anehnya, meskipun suara bising yang ditimbulkan knalpot para pembalap liar. Justeru menjadi  tontona bagi anak baru gede (ABG) yang memadati bahu jalan tersebut.

Minimnya pengawasan dan nyaris tidak tindakan dari pihak kepolisian terhadap para pembalap liar. Membuat pembalap liar di Kota Tanjungpinang semakin marak. Akibatnya, sangat mengganggu kententraman masyarakat sekitar dan pengguna jalan lainnya.

Para pembalap liar ini menggunakan berbagai jenis kendaraan, mulai Yamaha merek Mio,Fzr1,  Vega R, Jupiter Mx, Satria fu. Sebelum aksi pacu motor digelar, pembalap liar berkumpul ke lokasi start untuk memulai balapan. Selang 5 menit kemudian para pembalap liar ini mulai berpacu. Hasilnya ?. Setidaknya, malam terlihat empat orang pembalap berjatuhan ketika berbelok di bundaran depan kantor DPRD Bintan lama. Jatuh bukan berarti penonton bergegas menolong, malah para penonton yang ada di lokasi itu bersorak kegirangan.

Baru sekitar pukul 01.10 Wib terlihat  petugas dari kepolisaan turun ke lokasi untuk mengusir para pembalapn liar dengan menggunakan mobil patroli dari Polsek Bukit Bestari. Sehingga para pembalap liar dan penonton berhamburan untuk melarikan diri dari kejaran petugas tersebut.

Pihak kepolisian, khususnya polresta Tanjungpinang diharapkan untuk terus mengawasi dan menindak para pembalap liar. Agar aksi balap yang membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya yang melintasi daerah itu berkurang.(chendy)

Ditulis Oleh Pada Sen 29 Apr 2013. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

1 Comment for “Balap Liar Marak, Polisi Diminta Bertindak”

  1. ya berbahaya lwt sana, gak bisa diatasi masalah balap sejak dlu…

Komentar Anda