| | 704 kali dibaca

Wabup Buka Pelatihan 73 Orang PNPM Integrasi

Panitia foto bersama dengan wakil Bupati dan Kepala Bapedda-

Panitia foto bersama dengan wakil Bupati dan Kepala Bapedda

Karimun, Radar Kepri-Sebanyak 73 orang mengikuti pelatihan PNPM, terdiri dari 29 orang Lurah, Kepala Desa (kades),anggota BPD dan LPM. Dimana, 44 orang berasal dari kelurahan/desa di kecamatan Karimun, Meral Kota, Meral Barat, Tebing dan Buru. Pelatihan di laksanakan selama dua hari di Hotel Marina, Senin (04/03 ).

Pelatihan pelaku PNPM integrasi dibuka Wakil Bupati (Wabup) Tanjungbalai Karimun, Ainur Rafiq.” Pelaku pelatihan PNPM Integrasi, nantinya dapat memberikan pemahaman dasar, informasi dan strategi pendampingan. Serta penguatan kapasitas bagi Lurah, Kades maupun BPD/LPM itu sendiri. Dengan demikian, program penanggulangan kemiskinan di wilayah masing-masing dapat ter-integrasi dengan baik. Sehingga dapat meng-optimalkan dan mempercepat pembangunan desa. Sehingga terciptanya pembangunan yang benar-benar bermanfaat, bagi masyarakat itu sendiri.”jelasnya.

 

Masih Ainur Rafiq.” Saya sangat berharap kepada para Lurah, Kades dan BPD/LPM, agar serius mengikuti pelatihan pelaku PNPM Integrasi ini. Selain menambah wawasan, juga sebagai pelaku pendampingan dari program pemerintah pusat, untuk mempercepat program pengentasan kemiskinan di daerah masing-masing.”paparnya.

Nantinya, setelah Lurah/Kades, BPD/LPM selesai mengikuti pelatihan integrasi ini, dapat mendorong melakukan kemitraan program yang bersinergi dengan pihak-pihak lain. Baik itu pemerintah daerah, maupun SKPD-SKPD yang ada hubungannya dengan program pengentasan kemiskinan.

Apalagi tahun 2006 sampai 2011, pemerintah sudah dapat melakukan pemetaan dan penataan angka kemiskinan di Kabupaten Karimun. Dimana, telah terjadi penurunan lebih kurang 5 persen.”’Penurunan tingkat kemiskinan penduduk di kabupaten Karimun. Berarti program pengentasan kemiskinan yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat cukup berhasil dengan didukung semua pihak dari para pelaku PNPM dan pemerintah daerah dan masyarakat itu sendiri.”jelas Wabup

Ketua Panitia pelatihan pelaku PNPM Integrasi, Suratno dalam laporannya mengatakan.”Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Integrasi ini adalah program yang mengabungkan 2 program sekaligus yang ada di Kabupaten Karimun. Yakni, program PNPM Mandiri Perkotaan dan Pedesaan, dimana memerlukan dukungan dari semua pihak. Baik dari para pelaku lapangan maupun dari aparatur pemerintah seperti Kelurahan dan Desa.”katanya.

Ditambahkan Suratno.”Tujuan dilaksanakan pelatihan ini untuk memberikan informasi dan pendampingan bagi Lurah. Kades, BPD/LPM terkait dengan program Penanggulangan Kemiskinan diwilayahnya.Sehingga nantinya dapat menghasilkan gagasan cerdas, konstruktif, serta mampu menyatukan ide-ide semua peserta narasumber. Dalam upaya penanggulangan kemiskinan di perkotaan/kabupaten Karimun.” kata Suratno.(jantua dolok saribu)

Ditulis Oleh Pada Sel 05 Mar 2013. Kategory Karimun, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek