'
| | 986 kali dibaca

Tahun Depan Model Pengelolaan Tour De Benan Lebih Profesional

Bupati Lingga buka Tour de Benan

Bupati Lingga, Drs H Daria ketika membuka Tour de Benan 2014.

Lingga, Radar Kepri-Bupati Lingga, Drs H Daria sebut Pulau Benan sebagai gerbang wisata bahari Lingga. Untuk kemajuan wisata, Benan dapat memajukan perekonomian masyarakat. Gerbang Wisata Bahari Benan sangat mudah ditempuh. Rentang kendali Pulau Benan cukup pendek dari, ibu kota, Tanjungpinang dan Batam.
Menurut Daria.”Dari tahun ke tahun, Benan sudah tertata dengan bagus begitu juga visitnya. 2015 kalau Pelabuhan Sijantung dibangun, rentang kendalinya sangat dekat.”ungkapnya.
Sebagai gerbang wisata terdepan, Benan juga tidak jauh dari jalur pemisah utara dengan selatan, yakni Tugu Khatulistiwa tepatnya di Tanjung Teludas.
Luasnya laut Lingga, juga  dapat dijadikan arah destinasi serta arah manajemen untuk investasi bagi peserta visit.”Peserta visit ini, kita harapkan dapat menyumbangkan,  saran. Supaya Benan semakin baik dari tahun ke tahun.”ungkapnya saat pembukaan Tour the  Benan.
Menurut Daria, manfaat wisata salah satunya untuk membangun menunjang ekonomi masyarakat.”Maka pesan saya, alam Lingga adalah laut yang aman nyaman terkesan, dapat diarah pengembangan investasinya untuk pengembangan bahari di Lingga.”terangnya.
Ditempat yang sama, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Lingga, M Asward, mengharapkan Pulau Benan tumbuh dan berkembang sebagai gerbang wisata Lingga. Apapun kondisi pulau Benan saat ini tolong informasikan pada Dunia.”Bagi pengunjung yang datang tolong diberikan kritik dan sarannya.”ungkap Asward.

Dikatakan Asward, hal yang penting dari kritik dan saran, kalau Benan jelek tolong diberi tahu, supaya kami bisa menata kembali. Satu hal yang penting kata Asward, penunjang wisata di Lingga umumnya adalah ekonomi kreatif produktof dari masyarakat Lingga yang bersumber dari alam Lingga, seperti kerajinan tangan dari kerang, maupun hasil ekonomi kreatif dari laut Lingga.
Menurutnya, berwisata adalah mencari kepuasan, sehingga untuk berwisata orang banyak merogoh koceknya hingga jutaan rupiah ketika mereka merasa puas, ditempat wisata yang mereka kunjungi.”Tahun depan model Tour De Benan tidak seperti ini lagi. Seremonial seperti ini cukup banyak menghabiskan dana. Ini hanya untuk promosi. Kita bekerjasama dengan agen travel. Kalau agen travel mau datangkan wisatawan ke Benan silahkan.”ungkapnya.
Berapa banyak dana yang dikeluarkan untuk kegiatan ini, terang Asward, diawal-awal perlu dilakukan promosi wisata. Sedangkan kita berangan-angan wisata ini bisa menghasilkan PAD.”Kedepan pengunjung datang ke sini, mereka bisa nikmati fasitas. Dari situ pengunjung bisa bayar. Dan kita bisa dapatkan PAD,”ungkapnya kepala Dinas yang baru bertugas sebagai kepala Dinas Perawisata Lingga, Asward.

Pantai Senayang yang luas dan terumbu karang yang indah yang sekitar Pulua Benan, selain itu  ribuan pohon kelapa yang tumbuh disepanjang bibir pantai bahkan, pohon kelapa tersebut tumbuh subur hampir diseluruh pulau Benan.
Masyarakatnya-pun, ramah menyambut setiap pengunjung yang datang berkunjung ke desa mereka. Untuk mempromosikan pulau Benan kepada daerah luar, maupun dunia Luar, Disbubpar mengadakan kunjungan wisata setiap tahun, dimana priwisata bekerjasama dengan beberapa agent travel di Batam dan Tanjungpinang untuk mendatangkan wisatawan. Disbubpar menyediakan,  kotec untuk penginapan, kapal Daprah untuk melihat terumbu karang di dasar laut, serta snockling dan perahu karet untuk wisatawan yang ingin, berenang di pantai yang lebih dalam. Untuk melaksanakan Tour the Benan tersebut disbubpar menyewa dua kapal fery untuk membawa wisatawan dari Batam  dan Tanunginang, disbubpar juga menyiapkan home stage, dan kotec untuk penginapan. Bagi para wisatawan.(muslim tambunan)

Ditulis Oleh Pada Sen 22 Sep 2014. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek