' '
| | 850 kali dibaca

Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Untuk Meningkatkan Kualitas Demokrasi

Walikota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah SH ketika menjadi inpektur upacara dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila.

Walikota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah SH ketika menjadi inpektur upacara dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila, Rabu (01/10).

Tanjungpinang, Radar Kepri-Seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Rabu (1/10) di halaman Kantor Walikota. Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH menjadi inspektur upacara pada pelaksanaan upacara tersebut.

Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) telah mempersatukan seluruh masyarakat secara utuh, karena Pancasila adalah sumber jati diri bangsa sekaligus pondasi negara kita. Maka tak heran jika kesaktiannya diperingati setiap tahunnya.

Lima poin dalam Pancasila, menurut Walikota, adalah bagian dari tatanan kehidupan bangsa Indonesia. Satu persatu sila dalam Pancasila menuntun setiap langkah kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk masalah korupsi.

Menurut Lis, sapaan H Lis Darmansyah SH, korupsi terjadi karena masyarakat Indonesia terlalu menikmati euphoria reformasi sehingga secara perlahan mampu menepis pentingnya makna Pancasila sebagai roh dan semangat kehidupan kebangsaan, khususnya pengamalan sila pertama. Lebih lanjut dikatakan Lis, generasi muda saat ini kurang bisa memahami makna penting dari Pancasila, bahkan ada yang tidak hapal Pancasila.

Oleh sebab itu, mengingat fenomena yang banyak terjadi akhir-akhir ini tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2014 ini adalah “Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Untuk Meningkatkan Kualitas Demokrasi” sangatlah tepat. Karena sebagai falsafah Negara, Pancasila menjadi acuan kita dalam mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera.

Usai upacara, Lis menghimbau kepada seluruh pegawai yang hadir dalam upacara agar berpartisipasi dalam kegiatan menyambut hari ulang tahun Kota Otonom Tanjungpinang yang akan diperingati tanggal 17 Oktober mendatang. Dalam kegiatan tersebut, kata Lis akan digelar berbagai lomba baik untuk para aparat pemerintah maupun untuk masyarakat umum.”Teknisnya akan dibahas didalam rapat nanti. Yang jelas akan ada pawai pembangunan serta lomba-lomba lainnya.”kata Lis.

Lebih lanjut dikatakan Lis, kegiatan ini perdana dilakukan menjelang peringatan HUT Kota Otonom Tanjungpinang dan akan dilaksanakan secara rutin setiap tahun dengan menghapus kegiatan lain yang hanya seremonial saja.

Tujuannya, kata Lis, salah satunya sebagai media informasi kepada masyarakat sejauh mana pembangunan kota otonom ini sekaligus untuk menumbuhkan rasa kebersamaan antar sesama warga Kota Tanjungpinang.(hum/red)

Ditulis Oleh Pada Rab 01 Okt 2014. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda