'
| | 691 kali dibaca

Mantan Bupati Anambas “Terlibat” Korupsi Proyek Pasar Terempa

Drs H Tengku Muhtarudin, mantan Bupati Anambas.

Tanjungpinang, Radar Kepri-Bukan hanya Dra Linda Maryati, Kepala BKD Anambas yang terlibat dalam dugaan korupsi proyek pembangunan pasar di Terempa dengan terdakwa Rustam. Namun Bupatu Anambas saat itu, Drs Tengku Muhtardin juga terlibat.

Keterlibatan Linda Maryati terungkap dalam persidangan, Rabu (07/11) saat hadir dipersidangan “hanya”sebagai saksi untuk terdakwa Rustam. Hakim Yon Efri SH MH mempertanyakan fungsi pengawasan Linda Maryati saat proyek senilai Rp 900 juta itu terjadi.”Saudari selaku Kadisperibdagkop mengapa tidak melaksanakan fungsi pengawasan dan memberikan petunjuk teknis secara tertulis serta sosialusasi secara tertulis.”kata Yon Efri SH MH setelah mengetahui tindaka diatas hanya disampaikan secara lisan.

Mengenai keterlibat Drs H Tengku Muhtarudin, hakim Yon Efri SH MH membenarkan.”Saya sudah baca surat rekomendasi yang ditandatangani Bupati agar pekerjaan pembangunan itu dikerjaan oleh Koperasi Sekar Wangi yang dipimpin terdakwa Rustam.”terangnya, Kamis (08/11) pada radarkepri.com.

Pihaknya juga mengaku heran, dalam kasus ini Rustam menjadi terdakwa tunggal.”Peran bendahara koperasi sekaligus bendahara proyek pembangunan apa ?. Apa pencairan dana dilakukan dan semua dokumen dilaksanakan sendiri oleh terdakwa. Ini akan kita dalami dalam pemeriksaan sejumlah saksi lainnya.”tambahbya.

Yang lebih mengherankan, hanya koperasi Sekar Wangi yang mendaftar untuk mengerjakan proyek pembangunan pasar itu. Sehingga timbul “kecurigaan” proyek tersebut telah dikondisikan sejak awal dengan sejumlah komitmen.

Disinyalir, salah satu komitmennya adalah dana yang diterima koperasi dibagi dua alias “belah semangka” dengan pihak tertentu yang memiliki kewenangan untuk memuluskan pemenangan koperasi Sekar Wangi sebagai pihak yang mengerjakan proyek. Akibatnya, pekerjaan tak sesuai spek dibuktikan dengan adanya sejumlah adendum (perubahan kontrak pekerjaan,red).(irfan)

Ditulis Oleh Pada Jum 09 Nov 2018. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek