| | 81 kali dibaca

Peduli Lingkungan Bupati dan DPRD Hadiri Baksos Pembersihan Sampah

Natuna, Radar Kepri- Bupati Natuna Drs H Hamid Rizal, hadiri bakti sosial pembersihan sampah di sekitar pantai kencana, Pasar Ranai dan Kampung Penagi Ranai Kabupaten Natuna Provinsi Kepri yang dilaksanakan Jum’at, (09/11) pada pukul 7.30 WIB pagi ini.

Pada Kegiatan tersebut Dandim 0318 Natuna Letkol Inf Yusuf Rizal, S. Sos. Selaku pelaksanaan kegiatan mengatakan, bahwa masyarakat harus sadar dengan kebersihan di lingkungan kita khususnya Ranai ini.”Himbau Dandim.

“Pada Kegiatan ini kita harapkan kita semua bersih dari sampah, khususnya Pantai Kencana ini yang mana tempat ini selalu digunakan untuk berbagai kegiatan baik Pemerintahan maupun masyarakat. Tempat ini juga sudah menjadi rekreasi bagi masyarakat natuna.”Terang Yusuf.

Lanjut Yusuf, Sampah plastik ini adalah, sampah yang sangat berbahaya yang sangat sulit hancurnya. Sampah plastik ini juga dapat merusak ekosistem laut, merusak terumbu karang. Bahkan sebagai mana yang disampaikan Kedubes AS di SMAN I Kamis, (07/11) semalam, hasil penelitian dari beberapa negara lain di luar sana, ada beberapa ikan dari laut Natuna yang ditemukan tercemar akibat sampah itu.
Kenapa demikian, Ketika sampah plastik dibuang ke- laut, dimakan ikan, ikannya terjangkau firus, terus ikannya dimakan manusia manusia juga dapat terjangkit oleh penyakit ikan tersebut. “Terang Yusuf.

Yusuf, juga menghimbau agar masyarakat sadar akan bahaya sampah tersebut, khusnya bagi masyarakat yang memiliki rumah di tepi-tepi pantai agar tidak membuang sampah ke- laut. “Ucap Yusuf.

Harapan kita dari kegiatan ini disampaikan Yusuf, agar Natuna kedepan dapat terbebas dari sampah, dan juga harapan kita nantinya Natuna akan dapat menjadi tujuan utama wisata.” Terang Yusuf.

Hadir pada acara tersebut, Selain Bupati Hamid Rizal, dan Ketua Forum Kota Sehat (FKS) Kabupaten Natuna Ny. Hj. Nurhayati Hamid Rizal, juga hadir Ketua beserta Anggota DPRD Yusri Pandi dan Hendri (Jek) serta beberapa FKPD, OPD serta beberapa tokoh masyarakat dan undangan lainya.

Selaku peserta undangan yang ikut dalam kegiatan bakti sosial pagi ini di hadiri oleh sekitar 980 orang yang terdiri TNI, Polri, Salpol PP, Damkar, Basrnas, serta beberapa Organisasi Natuna, serta Kaling, RW dan RT se-Bunguran Timur.

Ketua Forum Kota Sehat (FKS) Kabupaten Natuna Ny. Hj. Nurhayati, kepada Media ini di sela-sela acara bakti sosial mengatakan, telah membentuk FKBS di 7 (tujuh ) Kecamatan. dan telah melibatkan 9 (sembilan) Organisasi Pemerintah Daerah (OPD).

“Kegiatan FKS ini murni kegiatan sosial yang kita lakukan dari Kabupaten, Kecamatan, di desa dan kelurahan. Tidak ada anggarannya dari pemerintah. “Terang Nurhayati.

Lanjut Nurhayati, Selain akan melakukan penilaian pada masing Kecamatan tahun 2019 ini, agar kegiatan ini memiliki badan hukum dari pemerintah, kita dari (FKS) juga berencana akan mengusulkan Peraturan Daerah (Perda) DPRD atau Peraturan Bupati (Perhub) kebersihan sampah ini ke DPRD, nantinya bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan itu dapat dikenakan sangsi.” Terang Nurhayati. (herman)

Ditulis Oleh Pada Jum 09 Nov 2018. Kategory Natuna, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek