'
| | 950 kali dibaca

Desa Kote Gelar Lomba Sampan Layar

salah satu peserta lomba sampan layar yang baru memasuki finish=

Salah satu peserta lomba sampan layar di Desa Kote, Kabupaten Lingga yang berhasil masuk finish.(foto by puspandito, radarkepri.com)

Dabosingkep, Radar Kepri-Sebanyak 16 peserta lomba sampan layar untuk kategori Sap 3 dan 18 peserta untuk katagori Sap 4. Dari 3 kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga yang ikut bertanding, yaitu, kecamatan Singkep, Singkep Pesisir dan Singkep Barat, datang mengikuti perlombaan sampan layar di Desa Kote, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga.
Lomba sampan layar ini adalah kegiatan tahunan yang di adakan di desa Kote, setiap pelaksaannya selalu didukung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dibudpar) kabupaten Lingga.
Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Lingga, Drs Junaidi Adjam mengatakan.”Lomba sampan layar ini dilaksanakan selama 2 hari mulai dari tanggal 14-15 September 2013. Pada hari Sabtu (14/09), kita menggelar untuk katagori Sap 3 dan pada Minggu (15/09) kita melaksanakan untuk katagori Sap 4.”jelanya.

Ditambahkan Kadisbudpar.”Antusias peserta dalam mengikuti lomba cukup ramai. Walau hanya di ikuti 3 Kecamatan di Lingga. Respon dalam mengikuti lomba cukup baik.”ujar Junaidi, Ahad (15/09).
Kegiatan ini sepenuhnya dilaksanakan oleh masyarakat desa Kote, Disbudpar dalam hal ini hanya sebagai pendukung saja. Lomba sampan layar ini dilakukan bertujuan melestarikan dan menggalakkan kembali perlombaan tradisional. Tentu saja guna menunjang pariwisata kabupaten Lingga.”Selain dari itu, kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk menggerakan dan mengangkat nilai-nilai tradisional. Khususnya bagi masyarakat Melayu yang penuh dengan kekeluargaan dan kebersamaan serta gotong royong. Lomba ini juga menjadi ikon bagi Kabupaten Lingga ke depan.”terang Junaidi.

Pantauan koran ini dilapangan antusiasme peserta maupun penonton cukup ramai, walau beberapa dari peserta sap 3 maupun sap 4 gagal mencapai finish karenakan sampan mereka karam. Kencangnya angin membuat beberapa peserta tersebut karam sebelum mencapai finish.(puspandito)

Ditulis Oleh Pada Ming 15 Sep 2013. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek