'
| | 465 kali dibaca

Desa Duara Produksi Sabun Merek Salingga

Inilah sabun produksi warga Desa Duara di Lingga Utara.

Lingga, Radar Kepri-Desa Duara, Kecamatan Lingga Utara sekarang sudah memproduksi sabun cair dan padat yang bermerek Salingga. Namun untuk sabun cair penyuci piring sudah menjadi salah satu kebutuhan mendasar, agar piring yang digunakan untuk makan tak kotor dan dipenuhi bakteri sumber penyakit.

Banyak beredar jenis sabun piring di pasaran. Tapi bagi warga Desa Duara, mereka tak bingung harus membeli sabun cuci piring.

Mereka bisa membuat sendiri sabun itu. Bahkan sabun buatan mereka diklaim bisa membuat piring lebih “cling” atau lebih bersih.

Azhar, Kades Duara menjelaskan, di celah Dana Desa (DD). Dari pusat untuk tahun 2019 ini akan dibagi 50-50, 50 untuk infrastruktur 50 untuk pemberdayaan.”Sekarang Alhamdulillah ibu-ibu masyarakat Desa Duara sudah bisa memperoduksi sabun cair dan padat dalam satu hari untuk sabun cair bisa mencapai 80 botol,”ungkap Azhar.

Dilanjutkan Azhar.”Pembuatan sabun tersebut di motori oleh ibu Fauziah untuk mengajar ibu-ibu di Desa Duara, karena ia sudah memiliki ilmu di bidang tersebut,”tuturnya.

Namun untuk di pasarkan kami sudah berunding dengan tutornya, mungkin untuk harga perbotol Rp 13.000 botol kecil dan Rl 27.000 botol besar. “karena mengingat harga botolnya yang mahal sebab botol tersebut pesan di Bandung, di Kepri belum ada yang buat botol tersebut,”terang Azhar.

Ditambahkan Azhar.”Dan usaha tersebut bisa menjadi badan usaha milik Desa (BUMDes) sehingga bisa menggunakan dana desa, untuk pengembangan usaha tersebut,”katanya. (hendra)

Ditulis Oleh Pada Sel 15 Jan 2019. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek